• Jumat, 28 Januari 2022

Bakamla RI dan Turkish Coast Guard Sepakati Kerja Sama di Bidang Keamanan Maritim  

- Minggu, 21 November 2021 | 13:39 WIB
Kedatangan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, disambut Kepala Turkish Coast Guard Rear Admiral Asmet Kendir dengan jajar kehormatan. Setelah bercakap-cakap di ruang kerjanya, rombongan Bakamla RI menerima presentasi tentang Organisasi Turkish Coast Guard dan perannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan maritim Turki, dilanjutkan dengan penandatanganan Agreed Minutes. Kunjungan ini ditutup dengan peninjauan Command Center Turkish Coast Guard.  (Humas Bakamla RI)
Kedatangan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, disambut Kepala Turkish Coast Guard Rear Admiral Asmet Kendir dengan jajar kehormatan. Setelah bercakap-cakap di ruang kerjanya, rombongan Bakamla RI menerima presentasi tentang Organisasi Turkish Coast Guard dan perannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan maritim Turki, dilanjutkan dengan penandatanganan Agreed Minutes. Kunjungan ini ditutup dengan peninjauan Command Center Turkish Coast Guard. (Humas Bakamla RI)

 

CeritaDepok.Com, Ankara - Mendorong peran Bakamla RI sebagai point of contact Indonesia di bidang keamanan maritim, Bakamla RI penuhi undangan Turkish Coast Guard ke Markas Besarnya di Ankara, Turki, kemarin.

Kedatangan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, disambut Kepala Turkish Coast Guard Rear Admiral Asmet Kendir dengan jajar kehormatan. Setelah bercakap-cakap di ruang kerjanya, rombongan Bakamla RI menerima presentasi tentang Organisasi Turkish Coast Guard dan perannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan maritim Turki, dilanjutkan dengan penandatanganan Agreed Minutes. Kunjungan ini ditutup dengan peninjauan Command Center Turkish Coast Guard

Indonesia dan Turki memiliki hubungan yang harmonis, tidak saja dalam konteks negara bahkan antar coast guardnya.

Baca Juga: Direktori Tanaman Obat Indonesia : Kecubung

Hal ini dapat dipahami karena Coast Guard Indonesia (Bakamla RI) dan Turki menghadapi tantangan yang sama. Memiliki choke point strategis, yaitu Selat Bosphorus di Turki dan Selat Malaka serta Selat Sunda di Indonesia, juga memiliki tingkat penyelundupan dan angka kecelakaan laut yang tinggi.

Kesamaan ini menjadi peluang yang baik untuk dapat saling berbagi pengalaman dalam ranah capacity building. Ini pula yang melandasi kedua pimpinan lembaga untuk bertemu dan menandatangani Agreed Minute of Meeting yang isinya adalah kesepakatan kedua Kepala Lembaga Coast Guard untuk meningkatkan dan saling membina hubungan melalui sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas dan berbagi pengetahuan.

Dalam courtesy call ke Mabes Turkish Coast Guard, Kepala Bakamla RI didampingi jajarannya, antara lain Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, Laksma Bakamla Phundi Rusbandi, Kabag Humas Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, dan Atase Pertahanan Turki Kolonel Inf Saifullah.

Editor: Satrio Nusantoro

Sumber: Humas Bakamla RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

406 Warga Depok Terkonfirmasi Positif Covid 19

Kamis, 27 Januari 2022 | 23:30 WIB

PN Depok Lockdown, 17 Pegawainya Terpapar Covid 19

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:11 WIB

Info BMKG : Gempa Terkini Senin 24 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 | 06:11 WIB
X