• Jumat, 27 Mei 2022

Genjot Akselerasi Program Terobosan 2022, KKP Lantik 4 Kepala UPT Perikanan Budidaya

- Jumat, 21 Januari 2022 | 21:17 WIB
Menteri KKP  (kkp.go.id)
Menteri KKP (kkp.go.id)

JAKARTA – Program terobosan yang diprakarsai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui KKP Accelerate 2022 meliputi pertama, penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap Wilayah Pengelolaan Perikanan untuk keberlanjutan ekologi, peningkatan PNBP, dan kesejahteraan nelayan. Kedua, pengembangan perikanan budidaya yang berorientasi ekspor, dengan komoditas unggulan antara lain udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Serta, ketiga, pembangunan kampung perikanan budidaya sesuai dengan kearifan lokal, untuk pengentasan kemiskinan sekaligus menjaga kepunahan komoditas yang bernilai ekonomis tinggi. Ketiga program terobosan tersebut perlu progres yang cepat, agar hasilnya bisa maksimal. 

 

Mengingat dari tiga program terobosan tersebut, terdapat dua program terobosan untuk mendukung pengembangan perikanan budidaya, dalam rangka mengawal akselerasi dua program terobosan tersebut, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu melantik empat Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta (20/1/2022).

 

Keempat pejabat yang dilantik, Boyun Handoyo yang dilantik sebagai Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo. Sementara, Andi Artha Donny Oktopura yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin dirotasi menjadi Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam, Jambi. Selanjutnya, Evalawati yang sebelumnya sebagai Plt. Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung, menjadi Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin. 

Baca Juga: Potret Keharmonisan Keluarga Putri Marino, Beda dari 'Layangan Putus'

Terakhir, Tebe sapaan akrabnya juga melantik Wendy Tri Prabowo sebagai Kepala Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) Karangasem, Bali, yang sebelumnya sukses mengembangkan Millenial Shrimp Farming (MSF) di BPBAP Situbondo.

 

Dalam kesempatannya, Tebe mengatakan pelantikan pejabat di lingkungan DJPB merupakan bagian dari kebutuhan, untuk selalu menjaga efektivitas dan efisiensi dalam lingkungan kerja di DJPB. Terlebih tiga program terobosan KKP, dua program tersebut di antaranya ada di DJPB.

 

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Tidur Lebih Nyeyak Perhatikan Makanan Ini

Kamis, 26 Mei 2022 | 18:59 WIB

Gary Iskak Ditangkap Positif Sabu-Sabu

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:11 WIB

Hadapi Malaysia, Timnas Indonesia Pincang

Minggu, 22 Mei 2022 | 12:00 WIB

Tips Cara Memilih Sapi Potong Yang Baik

Kamis, 19 Mei 2022 | 08:05 WIB

Warga Depok Tewas Saat Wisata Di Rumpin Bogor

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:55 WIB
X