• Kamis, 11 Agustus 2022

Jelang Hari Raya Lebaran Akan Ada Gerhana Matahari Pertama di Tahun 2022

- Senin, 25 April 2022 | 21:41 WIB
Ilustrasi Fenomena Halo Matahari di atas Kota Depok, beberapa waktu lalu. Foto : Satrio Nusantoro (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi Fenomena Halo Matahari di atas Kota Depok, beberapa waktu lalu. Foto : Satrio Nusantoro (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Jakarta - Gerhana matahari yang pertama pada tahun ini menurut perhitungan akan terjadi pada 30 April 2022 atau sebelum Idul Fitri. Fenomena gerhana matahari kali ini adalah gerhanan matahari parsial atau sebagian.

Gerhana matahari sebagian sering terlihat seperti bulan telah 'menggigit' atau bulan tersebut seperti mengambil sebagian dari matahari.

Melansir dari Space, gerhana matahari sebagian itu tidak bisa bisa disaksikan di kawasantertentu saja seperti di seluruh bagian Antartika, Amerika Selatan di ujung selatannya, dan Samudera Pasifik dan Atlantik.

Baca Juga: Berikut Bacaan Doa yang Dibaca di 10 Malam Terakhir Ramadhan

Sayang sekali untuk warga Indonesia belum bisa menyaksikan detik-detik ketika Matahari dihalangi piringan Bulan itu, kecuali lewat situs-situs online yang menyiarkan secara live peristiwa tersebut.

Gerhana matahari sebagian ini diperkirakan akan terjadi mulai pukul 14.45 EDT waktu setempat atau 01.45 WIB pada 1 Mei 2022. Sedangkan, puncak terjadinya gerhana pukul 16.41 EDT waktu setempat atau 03.41 WIB.

Terjadinya gerhana matahari diakibatkan bulan melintas tepat di depan matahari dengan sempurna, tetapi tidak menutup seluruhnya pada 30 April ini.

Baca Juga: Lulusan Sesko TNI Terbaik Dilantik Menjadi Danmen Chandradimuka Akademi TNI

Kalau tertutup sempurna, maka yang terjadi adalah gerhana matahari total. Sedangkan di tahun ini, tidak akan ada gerhana matahari total, karena fenomena itu ada di tahun 2023.

Gerhana matahari sebagian selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 25 Oktober 2022. Kemudian, gerhana bulan total mengikuti gerhana matahari sebagian bulan ini hanya dua minggu nanti pada 16 Mei 20222 mendatang.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JNE Klarifikasi Alasan Kubur 1 Ton Bansos di Depok

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:40 WIB

Bharada E Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:36 WIB
X