• Senin, 4 Juli 2022

Tips Cara Memilih Sapi Potong Yang Baik

- Kamis, 19 Mei 2022 | 08:05 WIB
Ilustrasi memilih sapi potong yang baik sehingga menguntungkan dan aman untuk dipotong. Salah satu konsumen tengah memilih sapi di CV Puput Bersaudara, beberapa waktu lalu (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi memilih sapi potong yang baik sehingga menguntungkan dan aman untuk dipotong. Salah satu konsumen tengah memilih sapi di CV Puput Bersaudara, beberapa waktu lalu (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Sapi merupakan salah satu hewan yang digunakan sebagai penyumbang protein hewani di indonesia selain ayam, ikan, dan babi.

Permintaan daging sapi akan meingkat terutama pada saat mendekati hari hari besar keagamaan. Tingginya permintaan daging sapi di Indonesia dapat dikarenakan Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar di dunia, sehingga konsumsi daging babi tidak sebesar daging sapi.

Konsumsi daging sapi umumnya meningkat pada menjelang Bulan ramadhan, idul fitri, idul adha, natal dan tahun baru.

Baca Juga: Sapi Potong Sehat Butuh Pakan Konsentrat

Bagaimana cara memilih sapi potong yang baik sehingga menguntungkan dan aman untuk dipotong?

1. Sifat Genetik.

Sifat genetik meliputi  sifat bawaan yang akan mempengaruhi daya tahan, dan adaptasi hewan sapi terhadap lingkungan, makanan dan penyakit. oleh karena itu pilihlah genetik sapi yang mudah menyesuaikan dengan iklim dan makanan setempat. Hal ini agar tidak merugikan pemilik sapi potong jika kedepannya terjadi kejadian sapi yang mati akibat penyakit atau stress akibat pengaruh makanan.

2. Kesehatan.

Kesehatan sapi meliputi keadaan fisik sapi. sapi yang sehat memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat terlihat jelas jika diamati secara fisik. Ciri-ciri tersebut adalah : 

a. Keadaan tubuh, Keadaan tubuh Sapi sehat, keadaan tubuh bulat berisi, kulit lemas. Tidak              adanya eksternal parasit pada kulit dan bulunya, tidak ada tanda-tanda kerusakan dan                  kerontokan pada bulu (licin dan mengkilat). Selaput lendir dan gusi berwarna merah                    muda, lebih mudah bergerak bebas. Ujung hidung bersih, basah dan dingin. Kuku tidak                terasa panas dan bengkak bila diraba. Suhu tubuh anak 39,5 C – 40 C

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menpan RB Tjahyo Kumolo Tutup Usia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:50 WIB

Bakamla RI Kembali Meraih Opini WTP

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:05 WIB

Atta Halilintar Berburu Sapi Jelang Idul Adha

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:00 WIB

Haram, Pemkot Depok Hentikan vaksinasi Covovax

Senin, 27 Juni 2022 | 14:27 WIB
X