• Kamis, 11 Agustus 2022

Juni-Juli 2022 Banyak Fenomena Antariksa Langka

- Selasa, 14 Juni 2022 | 10:45 WIB
Ilustrasi : Fenomena Gerhana Bulan Merah bbeerap bulan lalu (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi : Fenomena Gerhana Bulan Merah bbeerap bulan lalu (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.com - Mulai tanggal 14 Juni hingga 14 Juli mendatang, masyarakat dapat menyaksikan tiga fenomena antariksa yang cukup langka, yaitu Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon), Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Supermoon), dan Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon).

 

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, menjelaskan, Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon) merupakan purnama yang terjadi di bulan Juni.

 

Sedangkan Purnama Rusa Super (Full Buck Superrmoon) adalah purnama yang terjadi pada bulan Juli. Definisi ini juga dipakai untuk fase bulan baru.

Baca Juga: Benteng Kerajaan Buton Saksi Sejarah Pertahanan Indonesia Di Wakatobi

“Penamaan ini berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika). Pada bulan Juni dilakukan panen stroberi, sedangkan pada bulan juli rusa jantan muda mulai tumbuh tanduknya. Jadi penamaan ini sebenarnya berasal dari penanda musim dan perilaku hewan yang timbul pada musim-musim tertentu bagi penduduk asli Amerika,” katanya dalam keterangan pers, Senin 13 Juni 2022.

 

Andi menjelaskan, penyebab sebenarnya purnama kali ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan Bulan Purnama Super (Full Supermoon) atau yang secara teknis disebut Purnama Perige (Perigeal Full Moon).

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JNE Klarifikasi Alasan Kubur 1 Ton Bansos di Depok

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:40 WIB

Bharada E Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:36 WIB
X