• Sabtu, 2 Juli 2022

Bakamla RI Gelar Bimtek Pengelolaan SAKTI dan E-Bupot

- Minggu, 19 Juni 2022 | 21:13 WIB
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan optimalisasi penggunaan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dan Bukti Pemotongan Pajak secara Elektronik (E-Bupot), Bagian Keuangan Bakamla RI menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Keuangan di Mabes Bakamla RI,  (Humas Bakamla RI)
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan optimalisasi penggunaan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dan Bukti Pemotongan Pajak secara Elektronik (E-Bupot), Bagian Keuangan Bakamla RI menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Keuangan di Mabes Bakamla RI, (Humas Bakamla RI)

CeritaDepok.Com, Jakarta - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan optimalisasi penggunaan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dan Bukti Pemotongan Pajak secara Elektronik (E-Bupot), Bagian Keuangan Bakamla RI menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Keuangan di Mabes Bakamla RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

Hal ini diperuntukkan khususnya dalam pengelolaan sistem laporan keuangan di lingkungan Bakamla RI, sesuai dengan Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-04/PJ/2017 mengenai penerapan E-Bupot. Selain itu, penerapan SAKTI juga dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.05/2019.

Bimtek yang berlangsung sejak kemarin (16/6) diikuti oleh 54 peserta yang merupakan Admin Perbendaharaan masing-masing satuan kerja di lingkungan Bakamla RI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Perkokoh Kemanunggalan Dengan Masyarakat Di Perbatasan Papua, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Datangi Rumah-Rumah

Selama Bimtek, para peserta sangat antusias dan interaktif sepanjang narasumber memberikan materi-materi mengenai pengoptimalisasian aplikasi SAKTI. Bertindak selaku narasumber Ahmad Annas, dan Muhammad Baikal Basith dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta I, dengan luwes menjelaskan tentang optimalisasi aplikasi SAKTI. Tidak hanya itu, Optimalisasi E-Bupot juga dijelaskan dengan tuntas oleh  Rumadi, Mohammed Lintang Theodikta, dan Dwi Langgeng Santosa dari Direktorat Jendral Pajak (DJP).

Dalam sambutan penutupnya Kepala Bagian Keuangan Bakamla RI Kolonel Bakamla Andhik Indaryoni, S.E., menyampaikan bahwa implementasi aplikasi SAKTI dan E-Bupot sangat penting dalam meningkatkan efisiensi, kualitas dan ketepatan dalam pengelolaan sistem keuangan di lingkungan Bakamla RI. Hal ini dimulai dari tahap penganggaran, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan dan pertanggungjawaban kegiatan.

Editor: Satrio Nusantoro

Sumber: Humas Bakamla RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menpan RB Tjahyo Kumolo Tutup Usia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:50 WIB

Bakamla RI Kembali Meraih Opini WTP

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:05 WIB

Atta Halilintar Berburu Sapi Jelang Idul Adha

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:00 WIB

Haram, Pemkot Depok Hentikan vaksinasi Covovax

Senin, 27 Juni 2022 | 14:27 WIB
X