• Kamis, 8 Desember 2022

Jabodetabek Balik ke PPKM Level 1, Pemerintah Labil?

- Kamis, 7 Juli 2022 | 12:30 WIB
PPKM Kembali Diberlakukan di Jakarta, Berikut Aturan Lengkap PPKM Level 2 Jabodetabek (Instagram @dkijakarta)
PPKM Kembali Diberlakukan di Jakarta, Berikut Aturan Lengkap PPKM Level 2 Jabodetabek (Instagram @dkijakarta)

CeritaDepok.com Status penyebaran Covid 19 di Jabotabek belum pasti, sehingga penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jabodetabek turun lagi dari level 2 menjadi level 1 hanya dalam waktu sehari.

Pemerintah kembali menerapkan PPKM beberapa daerah Jabodetabek ke level 1 lewat salinan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 tahun 2022, yang diterima Rabu, 6 Juli 2022.

Dalam salinan tersebut tertulis keterangan bahwa DKI Jakarta dan wilayah aglomerasi Jabodetabek termasuk kriteria level 1.

"Khusus kepada Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 1, yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," kata Inmendagri nomor 35.

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Paling Buruk Se Dunia

Dalam Inmendagri tersebut, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan juga diturunkan kembali ke kriteria PPKM level 1.

Aturan dinilai terlalu cepat berubah, mengingat hanya berselang satu hari sebelumnya, Jabodetabek dinyatakan memasuki kriteria level 2 lewat Inmendagri Nomor 33 Tahun 2022.

Masih dalam aturan tertulis itu, pemerintah memastikan setiap langkah terkait Covid-19 berpedoman pada indikator yang penuh pertimbangan.

Indikator itu adalah Transmisi Komunitas pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 oleh Menteri Kesehatan.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pangkogabwilhan II Pimpin Apel Pengamanan VVIP

Kamis, 8 Desember 2022 | 06:28 WIB

Penting! Berikut Daftar Harga Denda Tilang Elektronik

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:15 WIB
X