• Kamis, 1 Desember 2022

Kepemimpinan Hijau: Solusi Jangka Panjang Ekonomi Berkelanjutan

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Prof. Heri Hermansyah (Dekan FTUI) memberikan sambutan acara FEI ACADEMY New Normal Series-8  (Arsip FTUI)
Prof. Heri Hermansyah (Dekan FTUI) memberikan sambutan acara FEI ACADEMY New Normal Series-8 (Arsip FTUI)

CeritaDepok.Com, Depok - Pada akhir bulan lalu, Forum Energizing Indonesia (FEI) alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berhasil melaksanakan FEI ACADEMY New Normal Series-8 dengan tema pentingnya "Green Leadership”.

Di tengah situasi geopolitik Rusia-Ukraina, harga migas yang mahal serta inflasi ekonomi di seluruh dunia termasuk Indonesia, “Green Leadership” menjadi topik yang sangat mendesak dan terkini terutama terkait mendesaknya penerapan konsep ekonomi hijau (green concept).

Dalam sambutan acara seminar FEI kali ini, Prof. Abdul Haris selaku Wakil Rektor UI Bidang Akademis dan kemahasiswaan serta Prof. Heri Hermansyah selaku Dekan FTUI menyampaikan pentingnya kepemimpinan yang perduli akan isu lingkungan.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi Mobile JKN

Pemerintah, masyarakat, akademisi serta pelaku industri harus peka untuk menyikapi isu lingkungan secara berkeadilan sejalan dengan komitmen Pemerintah terhadap Paris dan Glasgow Agreement (COP ke-26).

Forum Energizing Indonesia mendukung upaya-upaya diversifikasi migas dan batu bara serta pemanfaatan energi terbarukan dalam rangka mewujudkan ekonomi hijau sehingga peran green leader harus digalakkan di seluruh lini korporasi.

Bisnis “as usual” harus segera berubah menjadi bisnis yang bertanggung jawab terhadap keselamatan manusia serta lingkungannya.

Baca Juga: Teror Kembali Hadir Di Bioskop Kesayangan Anda, Film Horor Pengabdi Setan 2 Garapan Joko Anwar

Forum FEI kali ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta dan dilaksanakan dalam format hybrid serta online webinar dan diisi oleh pembicara dari Dirjen Pengendalian dan Kerusakan Lingkungan Kementrian KLHI RI (Ir. Sigist Reliantoro, MSc.), Perhimpunan Pemerhati Lingkungan Hidup Indonesia (Yamin Pakaya), Presdir PT. Radiant Utama Interinsco Tbk. (Ir. Sofwan Farisyi, MM.) serta Dewan Pakar FEI (Ichsan, ST. MSc., PDEng.), dan dimoderatori oleh Dr. Ardian Nengkoda.

Dalam webinar, konsep ekonomi hijau serta kepemimpinan yang mendukung bisnis yang berkelanjutan juga dibahas. Masalah eksplorasi sumber daya alam dan bagaimana kepatuhan terhadap Undang-undang lingkungan hidup serta kehutanan Indonesia memerlukan perhatian semua elemen bangsa, termasuk generasi muda dikarenakan hutan Indonesia adalah salah satu hutan terbesar di dunia yang memiliki peran besar dalam menjaga perubahan lingkungan dunia. 

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Depok Pantau Harga Komoditas di Pasar Sukatani

Rabu, 30 November 2022 | 19:54 WIB

BMKT Tidore Surga Wisata Bahari

Senin, 28 November 2022 | 08:38 WIB
X