KKP Gelar Bakti Nelayan pada Festival Maelo Pukek

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:12 WIB
Rubiakto/CeritaDepok.com
Rubiakto/CeritaDepok.com
CeritaDepok.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menggelar kegiatan bakti nelayan pada Festival Maelo Pukek yang berlangsung di Pantai Purus, Padang (21/8).

 

Pada kegiatan itu, sebanyak 250 paket perbekalan melaut diserahkan untuk nelayan. Bantuan tersebut diberikan kepada Kelompok Nelayan Kasiak Angek Puruih untuk memenuhi kebutuhan selama melaut.

 

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zaini Hanafi di sela-sela Festival Maelo Pukek mengatakan kegiatan bakti nelayan rutin dilakukannya sejak awal pandemi hingga saat ini. Menurutnya langkah ini menjadi bukti hadirnya pemerintah di tengah nelayan.

Baca Juga: PLN Raih Penghargaan INDI 4.0 Kemenperin 2022, Target Skor Tahun 2024 Berhasil Dicapai Tahun Ini

“Di kegiatan ini tidak hanya penyerahan bantuan saja, kita sisipkan juga dialog. Belanja permasalahan apa saja yang kerap dialami nelayan, bisa jadi masukan kita kedepannya,” ungkap Zaini.

 

Pada festival Maelo Pukek yang menjadi rangkaian gelaran Exploring Mandeh Road to Bulan Cinta Laut, Zaini juga mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menarik pukek bersama nelayan, serta meresmikan Kampung Elo Pukek di Pantai Purus Kota Padang.

 

Maelo pukek merupakan tradisi nelayan Minangkabau yang menunjukkan kebersamaan dan kegotongroyongan. Tradisi ini dilakukan di hampir sepanjang pesisir Sumatera Barat. Ikan tangkapannya berupa Layur, Sarai, dan Gambolo.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Musik Depok Diresmikan

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:03 WIB

Damkar Depok Padamkan Motor Kebakar di Kalimulya

Jumat, 13 Januari 2023 | 08:09 WIB
X