Kepala Bakamla RI Resmi Buka Coast Guard Basic Training di Pusdiklatsarmil

- Kamis, 8 September 2022 | 05:12 WIB
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia secara resmi membuka Coast Guard Basic Training (CGBT) bagi 290 personel Bakamla RI Angkatan IX di lapangan Samudera Mako Pusdiklatsarmil Juanda, Sidoarjo, Senin (5/9/2022). (Humas Bakamla RI)
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia secara resmi membuka Coast Guard Basic Training (CGBT) bagi 290 personel Bakamla RI Angkatan IX di lapangan Samudera Mako Pusdiklatsarmil Juanda, Sidoarjo, Senin (5/9/2022). (Humas Bakamla RI)

 

CeritaDepok.Com, Sidoarjo - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia secara resmi membuka Coast Guard Basic Training (CGBT) bagi 290 personel Bakamla RI Angkatan IX di lapangan Samudera Mako Pusdiklatsarmil Juanda, Sidoarjo, Senin (5/9/2022).

CGBT merupakan tahapan pendidikan lanjutan bagi CPNS Bakamla RI. Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka pengembangan profesionalisme dan pembentukan karakter. Personel Bakamla RI dilatih untuk menjadi sosok paramiliter yang memiliki mental, sikap dan disiplin yang tinggi dalam menjalankan tugas yang menanti.

Latihan ini akan berlangsung selama 3 bulan, diikuti 290 yang merupakan personel Bakamla RI terdiri dari 244 pria dan 46 wanita.

Baca Juga: Jokowi Bakal Lantik Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Kegiatan pembukaan CGBT dilaksanakan melalui prosesi upacara, dengan rangkaian pernyataan pembukaan Coast Guard Basic Training oleh Kepala Bakamla RI, Penyematan Tanda Siswa dan Amanat Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan Coast Guard Basic Training atau pelatihan dasar Coast Guard yang didesain seperti layaknya pelatihan dasar militer ini, tidak bertujuan untuk mencetak kalian sebagai prajurit tetapi menjadi cara dan metode yang sangat efektif untuk menempa dan membentuk kalian agar memiliki sikap mental dan karakter kuat seperti seorang paramiliter, sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas berat dan kompleks di Bakamla. Tidak ada sikap mental dan karakter kuat yang muncul secara tiba-tiba tanpa melalui suatu proses penempaan.

CGBT yang akan kalian tempuh selama 3 bulan kedepan ini merupakan Kawah Candradimuka yang akan menjadi peletak dasar penting dan sangat berharga bagi kalian, dalam membentuk karakter kepemimpinan maritim yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas di Bakamla,” kata Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Baca Juga: Bila Si Kecil Sudah Kecanduan Gadget, Ini Dampaknya pada Kesehatan

Manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai upaya membentuk mental dan fisik yang berguna dalam memotivasi diri sendiri maupun tim, karena nantinya setelah aktif di Bakamla, kalian akan bertugas sebagai satu kesatuan Bakamla yang mampu menjaga keamanan dan keselamatan di laut.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Sumber: Humas Bakamla RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Musik Depok Diresmikan

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:03 WIB

Damkar Depok Padamkan Motor Kebakar di Kalimulya

Jumat, 13 Januari 2023 | 08:09 WIB
X