• Sabtu, 10 Desember 2022

TNI Semakin Dicintai Rakyat, Satgas 303 Bantu Alirkan Air Bersih Untuk Masyarakat Distrik Ilaga Papua

- Senin, 21 November 2022 | 07:46 WIB
Wujud nyata Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya dengan membangun saluran air bersih di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. (Satgas Yonif Raider 303/SSM)
Wujud nyata Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya dengan membangun saluran air bersih di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. (Satgas Yonif Raider 303/SSM)

Ceritadepok.com, Distrik Ilaga - Wujud nyata Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya dengan membangun saluran air bersih di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Sebagai Tentara Rakyat, TNI AD hadir mengalirkan kebutuhan air bersih sebagai solusi kesulitan akses masyarakat terhadap air bersih di seluruh pelosok negeri tanpa terkecuali, termasuk di wilayah Kabupaten Puncak, Papua.

Disampaikan Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Slamet Faojan, M.Han dalam rilis tertulisnya di Komando Taktis (Kotis) Ilaga, Kabupaten Puncak Papua.

Baca Juga: Sinopsis Cinta Setelah Cinta hari ini Senin 21 November 2022: Citra Makin Dekat dengan Edo, Sakti Terlupakan

Dansatgas mengatakan setelah mendengar dan melihat secara langsung kendala warga karena kesulitan mendapatkan air bersih, personel Pos Komando Taktis bersama warga bergotong royong membuat saluran air bersih untuk digunakan oleh masyarakat.

“Program manunggal air merupakan program unggulan TNI AD yang ditunjukan kepada daerah yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih, melalui Satgas 303 yang melaksanakan penugasan di wilayah Kabupaten Puncak, kami melaksanakan program Manunggal Air tepatnya di Kampung Kelanoin, Distrik Ilaga, Kab. Puncak, dimana masyarakat disini dalam penuhi kebutuhan sehari-hari hanya menggunakan air hujan, baik untuk mandi minum maupun kehidupan sehari-hari,” ungkap Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Slamet Faojan, M.Han.

Dansatgas berharap dengan adanya program ini masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. “Air kita ambil dari sumber mata air yang jaraknya kurang lebih 2.5 Kilometer dari kampung,” tambahnya.

Baca Juga: Sinopsis Tajwid Cinta hari ini Senin 21 November 2022: Dafri Masuk Kamar Syifa, Gagal Nikahi Alina.

Kegiatan diawali dengan penentuan titik-titik penampungan air, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan selang dari sumber air lalu dialirkan menuju tandon air. Selanjutnya dari tandon tersebut air dialirkan ke rumah maupun honai-honai masyarakat yang belum mendapatkan air bersih.

Sementara itu, Bapak Robinus (58) selaku Kepala Kampung Distrik Kelanoin mengatakan bahwa warganya selalu kesulitan mendapatkan air bersih untuk mencuci, masak dan minum. Warga hanya menggunakan air tadah hujan, dengan memanfaatkan drum sebagai wadah air apabila hujan turun. Sumber air dari kampung jaraknya cukup jauh, sekitar 2.5 km.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Sumber: Satgas Yonif Raider 303/SSM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pangkogabwilhan II Pimpin Apel Pengamanan VVIP

Kamis, 8 Desember 2022 | 06:28 WIB

Penting! Berikut Daftar Harga Denda Tilang Elektronik

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:15 WIB
X