BMKT Tidore Surga Wisata Bahari

- Senin, 28 November 2022 | 08:38 WIB
 


CeritaDepok.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan wisata bahari lewat keberadaan Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) baik secara in situ maupun ex situ. Salah satu lokasi BMKT yang terus didorong sebagai wisata bahari tersebut berada di Tidore.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Miftahul Huda Direktur Jasa Kelautan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) saat membuka bimbingan teknis selam yang diselenggarakan pada 16-18 November 2022 lalu. Kegiatan ini sekaligus dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Sail Tidore 2022.

 

Huda menerangkan BMKT merupakan salah satu sumberdaya kelautan yang unik, yakni bernilai sejarah dan sarat pengetahuan kemaritiman. Hingga saat ini, tercatat potensi lokasi BMKT di sekitar 700 titik kapal tenggelam yang tersebar di perairan Indonesia.

 

“Sesuai dengan kebijakan pengelolaannya, pemanfaatan BMKT dapat dilaksanakan secara in situ yaitu pada lokasi BMKT ditemukan dan dapat pula secara ex situ, artinya setelah diangkat dan dikelola di luar lokasi BMKT ditemukan,” terangnya.

Baca Juga: Sinopsis Karena Aku Sayang hari ini Senin 28 November 2022: Buntut Panjang Ciuman Zara

Lebih jauh Huda menuturkan, pengelolaan BMKT secara in situ selain dapat dilakukan melalui penetapan kawasan konservasi maritim, dapat pula dijadikan sebagai atraksi wisata baharí berbasis kapal tenggelam/museum bawah air. Sementara ex situ dilaksanakan dengan mengangkat BMKT untuk keperluan pameran atau display.

 

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Musik Depok Diresmikan

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:03 WIB

Damkar Depok Padamkan Motor Kebakar di Kalimulya

Jumat, 13 Januari 2023 | 08:09 WIB
X