Penting! Berikut Daftar Harga Denda Tilang Elektronik

- Selasa, 6 Desember 2022 | 23:15 WIB
Ilustrasi Seorang pengendara sepeda motor sedang menerima surat tilang dari polisi di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, dibawah Jembatan Layang Taman Ria, karena penumpangnya tidak mengenakan helm.  (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi Seorang pengendara sepeda motor sedang menerima surat tilang dari polisi di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, dibawah Jembatan Layang Taman Ria, karena penumpangnya tidak mengenakan helm. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.com - Pihak kepolisian kini memberlakukan tilang elektronik sebagai pengganti tilang konvensional yang dulu dilakukan.

 

Karena kebijakan tilang konvensional sudah diganti, maka tilang elektronik ini akan diberlakukan. Caranya pelanggar lalu lintas akan disasar menggunakan kamera tilang elektronik (ETLE) atau bisa juga dengan menggunakan smartphone yang dipegang oleh aparat.

 

Berhubung tilang tak lagi dilakukan secara konvensional, maka penindakan tilang elektronik akan dilakukan secara online di mana surat tilang langsung dikirim ke rumah masing-masing diikuti jumlah denda yang harus dibayar.

Baca Juga: Langganan Banjir Di Depok Jaya, Sudah 10 Tahun Bila Hujan Banjir Selalu Datang

 

Kebijakan mengenai besaran denda tilang elektronik diatur dalam Undang-undangan Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

 

Untuk denda terendah dari proses tilang elektronik akan diberikan pada sepeda motor yang tidak menyalakan lampu saat siang hari.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Musik Depok Diresmikan

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:03 WIB

Damkar Depok Padamkan Motor Kebakar di Kalimulya

Jumat, 13 Januari 2023 | 08:09 WIB
X