Krisis Pangan di Depan Mata, Gastronomi Bisa Jadi Solusi

- Rabu, 7 Desember 2022 | 09:12 WIB
Salah satu produksi pangan yang menjadi andalan Indonesia di bidang pertanian sebagai solusi mengatasi krisis pangan dunia. (dok)
Salah satu produksi pangan yang menjadi andalan Indonesia di bidang pertanian sebagai solusi mengatasi krisis pangan dunia. (dok)

CeritaDepok.com – Krisis pangan menjadi ancaman nyata. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, 30 persen wilayah Indonesia akan mengalami kekeringan.

Food and Agriculture Organization (FAO) atau Badan Pangan Dunia juga memperingatkan negara-negara di dunia akan terjadinya krisis pangan akibat perang Rusia-Ukraina yang berkepanjangan.

Eric Wiradipoetra, Wakil Ketua Divisi Komunikasi dan Gerakan Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Jawa Barat menyampaikan pandangannya.

Menurut dia, dampak ancaman kekeringan sudah terasa. Banyak negara yang mendahulukan pemenuhan kebutuhan pangan warganya dibandingkan ekspor. Padahal, Indonesia masih mengimpor beberapa komoditas yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti bawang putih 100 persen impor, kedelai 97 persen, gula 70 persen, dan daging lebih dari 50 persen.

Baca Juga: Komnas HAM Khawatir RKUHP Disetujui Jadi Undang-Undang

Akibatnya, beberapa waktu lalu, komoditas itu langka sehingga harga melonjak, diiringi inflasi yang meninggi.

Dua tahun pandemi telah mengajari kita untuk bisa memenuhi kebutuhan bahan pangan dari dalam negeri. Importasi dikurangi, pertanian komoditas lokal dilindungi, logistik dibenahi.

Bila ditelaah, Nusantara yang subur makmur harus dioptimalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan warganya.

Budaya instan yang mengandalkan impor komoditas harus dikurangi, bahkan mungkin dihilangkan selama bahannya dihasilkan di Indonesia.

Contohmya tempe dan tahu yang diklaim sebagai makanan khas Indonesia, ternyata kedelainya berasal dari Amerika. Saat Amerika mengerem ekspor kedelainya beberapa waktu lalu, tempe hilang di pasaran.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Musik Depok Diresmikan

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:03 WIB

Damkar Depok Padamkan Motor Kebakar di Kalimulya

Jumat, 13 Januari 2023 | 08:09 WIB
X