Gandeng Pemerintah Australia, PLN Tingkatkan Kapasitas SDM terhadap Isu Perubahan Iklim

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:16 WIB
Dok PLN
Dok PLN

CeritaDepok.com - PT PLN (Persero) berkomitmen meningkatkan kapasitas dari sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung program transisi energi menuju net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

 

Komitmen ini dibuktikan melalui kerja sama antara PT PLN (Persero) bersama Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia. Kerja sama ini mencakup dukungan berupa peningkatan kapasitas dan kajian terhadap risiko perubahan iklim, penyelarasan strategi perubahan iklim perusahaan dengan _Science Based Target_ (SBT) dan _Task Force on Climate Related Financial Disclosures_ (TCFD), peta jalan pendanaan berkelanjutan, struktur perusahaan dan manajemen program perubahan iklim, serta rencana komunikasi terkait perubahan iklim.

 

Pelaporan TCFD dibutuhkan untuk meningkatkan pengungkapan keuangan terkait perubahan iklim yang meliputi tata kelola, strategi, pengelolaan risiko, serta metrik dan target. Selanjutnya SBT akan mendorong PLN terhadap aksi iklim yang ambisius, terukur, dan berbasis sains untuk mengurangi dampak negatif krisis iklim sekaligus meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan.

Baca Juga: Dukung Pemulihan Pascagempa Cianjur, PLN Alirkan Penyambungan Listrik Sementara di Huntara

Counsellor Economic Governance and Infrastructure, Australian Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), Sam Porter mengatakan, pemanasan global memicu cuaca ekstrim yang terjadi di berbagai dunia. Tanpa adanya langkah pencegahan, maka cuaca ekstrem, banjir, kekeringan, kenaikan permukaan air laut masih akan terus terjadi, khususnya di Indonesia dan Australia. 

 

Maka dari itu, Australia siap mendukung upaya pemerintah Indonesia, khususnya PLN sebagai _energy utitilties_ utama di Indonesia, untuk mengembangkan strategi perubahan iklim perusahaan. Salah satunya melalui _capacity building_ sehingga aspek perubahan iklim dapat diketahui lebih mendalam oleh SDM PLN. 

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Musik Depok Diresmikan

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:03 WIB

Damkar Depok Padamkan Motor Kebakar di Kalimulya

Jumat, 13 Januari 2023 | 08:09 WIB
X