Tingkat Kemiskinan Kota Depok Terendah Kelima di Indonesia

- Selasa, 24 Januari 2023 | 09:14 WIB
Jalan Margonda Raya Kota Depok jadi sentra penghasil pajak terbesar. (ISTIMEWA )
Jalan Margonda Raya Kota Depok jadi sentra penghasil pajak terbesar. (ISTIMEWA )

CeritaDepok.com - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyebutkan, pada tahun 2022, penduduk miskin Kota Depok berada pada posisi lima terendah se-Indonesia. Kota Depok memiliki persentasi penduduk miskin sebesar 2,53 persen.

"Secara persentasi penduduk miskin Kota Depok berada diposisi lima terendah di Indonasia, di bawah Kota Sawahlunto, Balikpapan, Bangka Barat dan Kota Tangsel," ungkap Wakil Wali Kita Depok, Imam Budi Hartono kepada berita.depok.go.id, Sabtu (21/01/22).

Bang Imam, sapaan akrabnya, mengatakan, capaian tersebut dapat diraih berkat sejumlah upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

Baca Juga: Satpol PP Depok Rutin Monitoring Underpass Dewi Sartika

Antara lain, penggunaan satu data kemiskinan melalui Sitpas atau Sistem Terintegrasi Pelayanan Sosial yang dikembangkan menjadi Sistem Satu Data KODE MASAKINI (Kota Depok Masyarakat Miskin Terintegrasi).

Selain itu, ujar Bang Imam, Kota Depok pun melakukan integrasi program penanggulangan kemiskinan berbasis sasaran dan kewilayahan dengan menititikberatkan pada peningkatan Human Development Index (HDI).

Tak hanya itu, Kota Depok juga melalui strategi penguatan program Kartu Depok Sejahtera (KDS) yang terintegrasi dengan 7 kegiatan juga menjadi salah satu faktor menurunnya angka kemiskinan.

 

Terakhir, tambah Bang Imam, terdapat juga program-program seperti Bantuan Pangan Kota (BPK), bantuan lansia dan disabilitas berdaya, santunan kematian dan bantuan keterampilan. Serta pelatihan kerja untuk warga tidak mampu.

 

"Semoga dengan program dan kegiatan tersebut angka kemiskinan di Kota Depok dapat terus berkurang, sehingga terwujud Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera," tandasnya.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Sumber: beritadepok.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Musik Depok Diresmikan

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:03 WIB

Damkar Depok Padamkan Motor Kebakar di Kalimulya

Jumat, 13 Januari 2023 | 08:09 WIB
X