• Kamis, 1 Desember 2022

Blue Moon Tidak Terlihat Bersih di Atas Langit Kota Depok, Terhalang Bayang-Bayang Mendung

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 20:22 WIB
Fenomena Blue Moon di pantau dari atap sebuah masjid di Depok, tidak bersih karena terhalang mendung pada pukul 20.11 WIB (Satrio Nusantoro)
Fenomena Blue Moon di pantau dari atap sebuah masjid di Depok, tidak bersih karena terhalang mendung pada pukul 20.11 WIB (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.com, Depok - Fenomena Blue Moon atau Bulan Biru muncul malam ini, Minggu (22 Agustus 2021). Ini adalah bulan purnama ketiga dari total empat kali bulan purnama yang terjadi dalam satu musim astronomis kali ini. Kebanyakan, hanya terjadi tiga kali bulan purnama dalam satu musim astronomis.

 

Berdasarkan pantauan kamera ceritadepok.com, Blue Moon di atas langit Kota Depok tidak bersih, karena tertutup langit mendung. Blue Moon bisa disaksikan pada malam ini Minggu hingga Senin dini hari (23 Agustus 2021). Bulan biru sudah muncul pada pukul 19.01 WIB, 20.01 WITA, 21.01 WIT.

Untuk wilayah yang berada di 1-2 derajat Lintang Utara, bulan akan berkulminasi—waktu transit instan dari sebuah benda langit yang melintasi meridian lokal pengamat—tepat berada di Zenit atau persis di atas kepala pengamat saat tengah malam. Berarti di wilayah selatan bulan akan berkulminasi agak ke arah utara, sementara di sebelah utara 1-2 derajat Lintang Utara bulan akan berkulminasi agak ke arah selatan.

Tips untuk melihat Blue Moon,  pastikan saat pengamatan bebas dari polusi cahaya, kemudian langitnya harus bersih, dan bebas dari penghalang. Baik itu dari gedung, pohon, gunung, tiang, rumah-rumah tinggi. "Selamat menyaksikan Blue Moon.”

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Terkini

Sekda Depok Pantau Harga Komoditas di Pasar Sukatani

Rabu, 30 November 2022 | 19:54 WIB

BMKT Tidore Surga Wisata Bahari

Senin, 28 November 2022 | 08:38 WIB
X