• Kamis, 11 Agustus 2022

Perlu Diketahui : Polisi Berhak Menyita STNK Dan Menilang Pengendara Yang Tidak Bayar Pajak Tahunan

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 11:05 WIB
STNK kendaraan wajib dibayarkan pajaknya setiap tahun. (Satrio Nusantoro)
STNK kendaraan wajib dibayarkan pajaknya setiap tahun. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.com, Depok - Sebagian masyarakat di Indonesia beranggapan kalau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tidak diperpanjang atau tidak dibayar pajaknya akan lolos dari ditilang polisi, apakah benar demikian ?

Yang perlu diketahui, STNK sudah seharusnya diperpanjang setiap lima tahun sekali dan setiap tahunnya ada Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang harus dibayarkan.

Tapi meski demikian, banyak juga orang beranggapan kalau tidak bayar PKB bisa bebas dari tilang polisi asal STNK masih hidup.

Bahkan, sering sekali pengendara baik motor atau mobil, adu argumentasi dengan pihak kepolisian dan menyatakan bahwa STNK-nya masih berlaku jadi tidak bisa ditilang kalau belum bayar pajak tahunan.

Baca Juga: Beberapa Daerah yang Lakukan Pemutihan Pajak Kendaraan pada Agustus 2021

Banyak pengendara masih memakai alasan mengenai tugas polisi yang tidak boleh memasuki raanah mengurus soal pajak kendaraan.

Nah pecinta CeritaDepok.com, siapa sih yang sebenarnya berhak menyita STNK kalau pengguna kendaraan tidak atau telat  membayar pajak tahunan?

"Aturan soal STNK tertuang dalam Peraturan Kapolri No.5 Tahun 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 37 ayat 2 dan 3," ujar AKBP Fahri Siregar, selaku Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya kepada media, Jumat (6 Agustus 2021) kemarin.

Untuk masyarakat ketahui, ayat 2 dalam pasal tersebut berisi keterangan bahwa STNK sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor.

Baca Juga: Mulai Besok Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Jabar, Simak Syarat dan Ketentuanya

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Macam-Macam Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:57 WIB

Coba Baca dan Lihat STNK Anda, Perhatikan Soal SWDKLLJ

Selasa, 7 September 2021 | 07:30 WIB

Cek Fakta, Suku Baduy Kebal Covid 19

Rabu, 11 Agustus 2021 | 21:30 WIB
X