• Kamis, 11 Agustus 2022

Cek Fakta, Suku Baduy Kebal Covid 19

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 21:30 WIB
Meskipun nol pasien Covid-19, Suku Baduy siap divaksin /Twitter/genpibanten
Meskipun nol pasien Covid-19, Suku Baduy siap divaksin /Twitter/genpibanten

CeritaDepok.com - Tersiar kabar warga kampung adat Suku Baduy yang berlokasi di pedalaman Banten diklaim tetap sehat meski mereka tidak pernah divaksin.

Kabar tersebut beredar dari sebuah unggahan di media sosial Twitter, dengan menuliskan sebuah narasi yang menyebut warga Suku Baduy hingga kini tidak pernah menerima vaksin.
 
Tak hanya itu, dalam unggahan tersebut juga disebutkan, warga suku yang hidup di pedalaman Banten itu tetap sehat walau tidak mendapatkan vaksin.
 
 
Kemudian, suku Baduy yang dianggap berhasil hidup tanpa vaksin menjadi alasan pemilik akun Twitter itu menyangsikan manfaat vaksin.
 
Adapun narasi telah diunggah dari akun Twitter @Fkadrun atau bernama Fahmi Alkatiri, dirinya mengatakan bahwasannya apabila hanya dengan vaksin semua penyakit bisa sembuh, maka suku Baduy harus menjadi perhatian dan diteliti, sebab mereka tetap sehat meski selama ratusan tahun tidak pernah menerima vaksin.
 
 
"Bila Vaksin Dianggap Satu-Satunya Solusi Bahkan Untuk Semua Penyakit, Tolong Lihat dan Teliti Suku Baduy dan Sejenisnya Yang Mereka Tidak Pernah Divaksin Apapun Ratusan Tahun.
 
"Apakah Mereka Sekarang Musnah Diterjang Penyakit?, Pada Cacat Fisik Gegara Polio Gitu? Nggak kan."
 
Namun, benarkah Suku Baduy tidak pernah divaksin, termasuk vaksin Covid-19 yang saat ini digalakkan pemerintah.
 
Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, serta berdasarkan berita sebelumnya balita di kawasan Baduy, tepatnya di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, tercatat sudah menerima vaksin campak dan polio sejak 2010.
 
 
Bahkan, Kepala Puskesmas Cisimeut Kabupaten Lebak saat itu, Ohan Rohanda, menyatakan sebanyak 30 persen dari total 647 balita Suku Baduy sudah diimunisasi pada Maret 2010.
 
Sementara pada Agustus 2021, 180 warga Adat Baduy akan mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Puskesmas Cisimeut, melansir pikiran-rakyat.com dalam berita yang berjudul 'Cek Fakta: Tersiar Narasi Warga Baduy Tetap Sehat Meski Tak Pernah Divaksin, Simak Faktanya'
 
Terkait hal itu, Kepala Puskesmas Cisimeut Maytri Nurmaningsih mengatakan salah satu kendala vaksinasi pada masyarakat Baduy ini adalah kepemilikan data kependudukan.
 
 
Sebab, ternyata tidak semua warga mempunyai KTP elektronik. Kendati begitu, menurut Maytri, instansi kesehatan di Lebak berupaya mengatasi kendala tersebut dengan melibatkan lembaga adat Baduy.
 
Jadi kesimpulan dari narasi yang mengklaim terkait warga Baduy yang tidak pernah menerima vaksin dan tetap sehat, itu salah atau dapat dikatakan disinformasi.
 
 
 Kabupaten Lebak, Banten mengagendakan vaksinasi warga di kawasan pemukiman Baduy 18 sampai 20 Juli 2921.
 
"Insyaallah, jika tidak ada perubahan dipastikan warga Baduy yang tinggal di Desa Kanekes tanggal 18 sampai 20 Juli 2021 dilakukan vaksinasi," kata Maytri.
 
Masyarakat Baduy yang berpenduduk 11.800 jiwa tersebar di 65 perkampungan hingga kini nihil penularan Covid-19, terlebih Kabupaten Lebak masuk zona merah.
 
 
Meski masyarakat Baduy nihil penyebaran Covid-19, tetap pelaksanaan program vaksinasi dilakukan oleh petugas puskesmas setempat.
 
Berdasarkan hasil penelusuran dan fakta-fakta di atas, dapat dipastikan bahwa kabar warga Suku Baduy tetap sehat meskin tidak pernah divaksin adalah hoaks.

Editor: Rubiakto

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Macam-Macam Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:57 WIB

Coba Baca dan Lihat STNK Anda, Perhatikan Soal SWDKLLJ

Selasa, 7 September 2021 | 07:30 WIB

Cek Fakta, Suku Baduy Kebal Covid 19

Rabu, 11 Agustus 2021 | 21:30 WIB
X