• Kamis, 1 Desember 2022

Menguak Fenomena Alam di Jabal Magnet Madinah Sambil Berwisata

- Rabu, 1 September 2021 | 10:00 WIB
Jabal Magnet, Lokasi ini menjadi salah satu wisata favorit yang banyak dikunjungi jamaah haji dan umroh. (Satrio Nusantoro)
Jabal Magnet, Lokasi ini menjadi salah satu wisata favorit yang banyak dikunjungi jamaah haji dan umroh. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Madinah - Jabal Magnet, Lokasi ini menjadi salah satu wisata favorit yang banyak dikunjungi jamaah haji dan umroh. Berjarak sekitar 60 kilometer (km) dari Pusat Kota Madinah, butuh sekitar 40 menit untuk mencapainya.

Jalur menuju ke lokasi ini juga tak terlalu sulit. Jalan aspal hitam rata sudah tersedia. Saat menuju ke Jabal Magnet, di sepanjang jalan tampak kebun kurma dan bukit bebatuan.

Sesuai namanya, banyak yang ingin mendatangi gunung magnet ini karena penasaran dengan fenomena alam yang ada. Jika gunung tersebut memiliki magnet yang sangat besar.

Di mana, jalan yang nampaknya menanjak, bisa membuat kendaraan tetap melaju, kendati mesin dimatikan. Atau bila kendaraan di putar balik, kendaraan akan berjalan mundur.

Meski adapula yang percaya, jika kondisi tersebut terjadi karena sebuah ilusi optik. Di mana lereng Jabal Magnet yang menurun muncul sebagai sebuah wilayah yang lebih tinggi.

Sebenarnya, Orang Arab menyebut lokasi ini Wadi al-Baidha atau Mantiqa al-Baidha (lembah putih). Itu mengacu pada hamparan bukit memanjang yang tampak berwarna putih.

Entah apapun itu,pastinya lokasi ini kini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup banyak didatangi.

Tak heran, banyak jamaah umroh atau haji yang segera membuktikannya sesaat usai tiba di Jabal Magnet.

Jamaah umroh berfoto di Jabal Magnet (Satrio Nusantoro)

Seperti jamaah umroh asal Indonesia, Ita Rohmulyati yang mengaku sengaja datang ke Jabal Magnet karena ingin membuktikan cerita fenomena alam yang terjadi di lokasi ini.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Terkini

5 Destinasi Dark Tourism di Indonesia

Kamis, 3 November 2022 | 10:35 WIB
X