Kisah Misteri Jembatan Merah Teksas Universitas Indonesia Depok

- Kamis, 2 September 2021 | 14:00 WIB
Jembatan Teksas Teknik Sastra kerap digunakan sebagai tempat berfoto  oleh warga karena memiliki panorama yang indah (Satrio Nusantoro)
Jembatan Teksas Teknik Sastra kerap digunakan sebagai tempat berfoto oleh warga karena memiliki panorama yang indah (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Kampus Universitas Indonesia di Depok merupakan salah satu universitas negeri yang memiliki banyak kisah misteri. Di kampus yang mulai beroperasi pada sekitar tahun 1987-1988 ini, ada kisah-kisah misteri, mulai dari pembebasan lahan TPU (Tempat Pemakaman Umum) di Menara Air, hingga hantu paling eksis di UI, si setan merah atau lady in red. Fakultas Ilmu Budaya (FIB) jadi salah satu fakultas yang terkenal paling angker di UI.

Di antara kisah-kisah mistis yang ada, banyak yang berasal dari FIB yang dulu bernama Fakultas Sastra. Salah satunya adalah kisah misteri jembatan merah Teknik Sastra (Teksas). Jembatan ini terletak di tengah-tengah danau yang diapit dua fakultas yaitu Fakultas Teknik dan Fakultas Sastra yang sekarang lebih dikenal dengan FIB. Jembatan Teksas semula di dirikan untuk menyambungkan akses dua fakultas ini. Jembatan Teksas menjadi jalur pulang-pergi kedua fakultas.

Karena memiliki panorama yang indah serta bentuk yang unik, jembatan Teksas sering dijadikan spot berfoto atau bersantai. Menjelang malam hari jembatan Teksas seolah berubah 180 derajat. kondisi malam yang gelap membuat jembatan ini menjadi cukup menyeramkan. Biasanya, sekitar pukul 23.00 malam jembatan ini sering ditutupi kabut yang cukup tebal hingga ke permukaan danau. Jika digambarkan, saat memasuki jembatan ketika sedang berkabut, Anda akan merasa seperti melihat sesuatu di ujung jembatan. Hal ini dikarenakan lampu yang berada di ujung jembatan merefleksikan bayangan ranting pohon yang bergoyang.

Baca Juga: Xiaomi Rayakan Pencapaian Nomor Satu, Siapkan Hadiah Langsung untuk Pembeli

Berdasarkan kisah seorang mahasiswa bernama Jayadi, mengaku sebagai mahasiswa Sastra Jawa 2012 beberapa waktu lalu, ceritadepok.com mendapatkan beberapa cerita kejadian mistis yang pernah Jayadi alami ketika menyeberang di jembatan Teksas.

“Tahun 2016 saya pernah merasakan kejadian yang cukup menyeramkan ketika menyeberang malam-malam di jembatan Teksas. Waktu itu saya baru pulang dari kampus jam 11 malam, karena tidak bawa kendaraan saya harus berjalan kaki menuju kosan yang berlokasi di Kutek (Kelurahan Teknik). Karena saya kuliah di FIB maka saya harus melewati jembatan Teksas untuk pulang,” ujarnya.

Jembatan Teksas Teknik Sastra kerap digunakan sebagai tempat berfoto oleh warga karena memiliki panorama yang indah (Satrio Nusantoro)

“Saat itu kondisi cukup berkabut, namun saya harus memberanikan diri menyeberang. Perasaan semakin tidak nyaman karena banyak suara binatang dari danau. Saat memasuki jembatan, saya sedikit takut karena ada bayangan bergerak di seberang jembatan. Namun saya anggap itu hanya bayangan daun. Setelah sampai tengah jembatan, saya berhenti. Bayangan yang saya anggap daun tersebut ternyata adalah rambut dan kepala yang menggantung di atas tiang jembatan,” tutur pria berkacamata tebal ini.

Baca Juga: Sunnah Rasul Dalam Menjaga Kesehatan, Olah Raga Tanpa Alat

Kisah misteri masih sering kerap terjadi di jembatan Teksas hingga saat ini. Meski sukar untuk menentukan benar atau tidak kisah ini, cerita mistis jembatan Teksas akan selalu ada.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Terkini

5 Destinasi Dark Tourism di Indonesia

Kamis, 3 November 2022 | 10:35 WIB
X