• Senin, 4 Juli 2022

Cara Mudah Menghafal Al Qur'an Bersama Ustadz Yusuf Mansyur

- Senin, 20 September 2021 | 17:00 WIB
Al Qur'an (Satrio Nusantoro)
Al Qur'an (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok -  Sempat viral video santri penghafal Al-Quran yang menutup telinganya karena ada musik yang dimainkan ketika mereka mengantre vaksinasi beberapa waktu lalu. Salah satu yang mengunggah video ini adalah Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Diaz Hendropriyono, melalui akun Instagramnya.

Banyak nitizen yang menduga aksi mereka itu sedang berkonsentrasi menghafal Al-Qur’an namun tak sedikit pula yang menerjemahkan video itu dengan citra negatif.

Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, putri Presiden ke-4 RI, Abdurachman Wahid (Gus Dur), pun angkat suara. Ia mengatakan menghafal Al-Qur’an bukan perbuatan mudah dan butuh suasana tenang agar bisa berkonsentrasi. Ia pun meminta hal ini tidak dijadikan indikator bahwa mereka radikal.

Baca Juga: Taman Irian Jaya, Taman Cantik dan Artistik Menjadi Destinasi Baru Warga di Masa Pandemi

Melalui akun YouTube Belajar Bersama Yusuf Mansur (BBYM), pendakwah Yusuf Mansyur, yang juga seorang hafiz Al-Qur’an, berbagi beberapa tips untuk menghafal. Berikut pemaparannya:

  1. Mushaf Al-Qur’an yang digunakan untuk menghafal jangan diganti-ganti. Kebanyakan para penghapal menggunakan satu mushaf yang sama hingga menyelesaikan hafalannya. Untuk mempermudah, biasanya hafiz Al-Qur’an menggunakan Al-Qur’an khusus yang terdapat didalamnya metode balok.
  2. Satu ayat, satu baris diulang sebanyak 20 kali. Menurut Yusuf Mansur, mengulang ayat-ayat Al-Qur’an sama halnya seperti sedang berinteraksi dengan Allah SWT.
  3. Setiap ada ayat yang panjang, dapat dipotong menjadi 2-3 bagian, dengan masing-masing diulang sebanyak 20 kali.
  4. Sebelum melanjut ke baris ayat selanjutnya, murajaah (mengulang) ayat sebelumnya
  5. Boleh menggunakan telepon genggam untuk membantu menghafal atau saat murajaah (memeriksa hafalan) misalnya dengan direkam
  6. Boleh menggunakan teknologi lain yang memang bisa membantu menghafal Al-Quran

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Mitos dan Fakta Dari Bunga Wijayakusuma

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:16 WIB
X