• Sabtu, 10 Desember 2022

Lezatnya Nasi Uduk Gondangdia, Kuliner Legendaris di Jakata Sejak 1993

- Sabtu, 25 September 2021 | 09:00 WIB
Nasi Uduk Gondangdia beserta lauk yang dipilih sendiri oleh pengunjung. (Satrio Nusantoro)
Nasi Uduk Gondangdia beserta lauk yang dipilih sendiri oleh pengunjung. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Jakarta - Di Jakarta, warung atau kedai nasi uduk banyak dijumpai di berbagai tempar. Mulai dari warung kecil di rumah, warung pinggir jalan sampai warung yang cukup besar. Salah satu warung nasi uduk yang cukup besar dan sudah banyak dikenal adalah Nasi Uduk Gondangdia.

Tempat makan yang cukup besar layaknya sebuah restoran ini berlokasi di Jalan Cikini 4, Gondangdia, Jakarta Pusat. Seperti warung nasi uduk pada umumnya, tempat ini menyajikan makanan andalan mereka dalam bungkusan daun pisang. Bedanya, di sini bungkusnya dibentuk seperti kerucut yang kemudian jadi ciri khas dan membedakan mereka dari kemasan nasi uduk lainnya.

Aneka jenis lauk yang bisa dipilih sendiri pada warung Nasi Uduk Gondangdia (Satrio Nusantoro)

"Sejak awal pemilik warung ini memang menyajikan nasi uduk dengan daun pisang dengan bentuk kerucut, supaya jadi ciri khas, dan ternyata bertahan sampai dengan sekarang," terang Dito, pengawas dan karyawan senior di Nasi Uduk Gondangdia.

Baca Juga: Warung Pecak Duren, Wisata Kuliner Khas Sunda di Tangerang Selatan

"Pemilik warung nasi uduk ini ada empat orang, mereka masih ada hubungan keluarga. Dari awal tempatnya di jalan ini juga tapi dulu beberapa rumah dari sini dan belum terlalu besar. Sekarang tempatnya lebih besar. Saya sendiri dipercaya mengelola sejak sepuluh tahun lalu," lanjutnya.

Tentu bukan hanya bungkus berbentuk kerucut itu saja yang membuat warung ini banyak disukai dan hampir selalu ramai pengunjung. Tempat yang mulai buka sejak 1993 ini menyajikan nasi uduk dengan aroma wangi, gurih, dan pulen.

Nasi uduk yang dibungkus daun pisang berbentuk kerucut. (Satrio Nusantoro)

Pilihan lauk di warung nasi uduk ini termasuk beragam dan sangat lengkap Ada ayam goreng, ati ampela, sate usus, tahu, tempe, bebek, paru, cumi goreng, empal, udang dan sayur asem. Lalu ada beberapa macam ikan.seperti bawal dan gurame yang masih segar.

Baca Juga: Ini Kuliner Khas Nusantara Hasil Akulturasi Budaya

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Destinasi Dark Tourism di Indonesia

Kamis, 3 November 2022 | 10:35 WIB
X