Pulau Zum-Zum di Morotai, Kisah Jenderal Perang Amerika dan Kesunyiannya

- Senin, 8 November 2021 | 20:55 WIB
Jejeran pulau di Morotai memang tak akan ada habisnya untuk diulas. Selain memiliki pasir pantai yang putih bersih serta terumbu karang yang megah, Morotai juga memiliki sebuah pulau yang kaya akan nilai sejarah. Sebut saja salah satunya Pulau Zum-zum MacArthur. (Satrio Nusantoro)
Jejeran pulau di Morotai memang tak akan ada habisnya untuk diulas. Selain memiliki pasir pantai yang putih bersih serta terumbu karang yang megah, Morotai juga memiliki sebuah pulau yang kaya akan nilai sejarah. Sebut saja salah satunya Pulau Zum-zum MacArthur. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Pulau Morotai - Jejeran pulau di Morotai memang tak akan ada habisnya untuk diulas. Selain memiliki pasir pantai yang putih bersih serta terumbu karang yang megah, Morotai juga memiliki sebuah pulau yang kaya akan nilai sejarah. Sebut saja salah satunya Pulau Zum-zum MacArthur.

Pulau Zum-zum disebut juga Pulau MacArthur. Nama ini berasal dari seorang jenderal Amerika bernama MacArthur">Douglas MacArthur. Pada saat Perang Dunia II, pulau ini menjadi tempat persembunyian para sekutu di kawasan Asia Pacific. 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, nama pulau ini berasal dari kisah sang jenderal bernama MacArthur">Douglas MacArthur. Selama Perang Dunia II, beliau dan pasukan berlindung disini. Bahkan sampai saat ini kita masih bisa menjumpai beberapa bukti sejarah seperti Bangkai Kapal Tongkang Sekutu, Goa Pusat Komando, serta pangkalan udara tua yang dibangun sendiri oleh Mac Arthur.

Baca Juga: Amalan Dari Umat Manusia yang Dicintai Allah SWT

Kisah Jenderal Amerika Douglas Mac Arthur

September, 77 tahun yang lalu. Puluhan ribu tentara sekutu menginjakan kaki di Pulau Morotai. Mereka dipimpin oleh seorang lelaki berusia 64 tahun. Dia adalah Jenderal dan Marsekal Lapangan Bintang Lima asal Amerika. Namanya Jenderal MacArthur">Douglas MacArthur. Dibawah komandonya, pasukan sekutu berhasil merebut pulau Morotai dari tangan pasukan Jepang.

Pulau Zum-zum disebut juga Pulau MacArthur. Nama ini berasal dari seorang jenderal Amerika bernama Douglas MacArthur. Pada saat Perang Dunia II, pulau ini menjadi tempat persembunyian para sekutu di kawasan Asia Pacific. (Satrio Nusantoro)

MacArthur memanfaatkan pulau Morotai untuk menyusun strategi menyerang Jepang. Di utara Halmahera inilah peraih Medal of Honor itu membangun pangkalan militer, seperti landasan pesawat dan juga rumah sakit besar dengan kapasitas 1.900 tempat tidur.

Tujuannya tidak lain untuk membebaskan wilayah Fhilipina dan sebagaian wilayah timur di Kalimantan, dari invasi tentara Jepang dalam sebuah perang pasifik selama perang dunia ke 2.

Baca Juga: 4 Tips Membeli dan Memilih Sepeda Yang Mungkin Berguna Bagi Pemula

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Destinasi Dark Tourism di Indonesia

Kamis, 3 November 2022 | 10:35 WIB
X