• Sabtu, 10 Desember 2022

Kisah Misteri : Suku Moro, Diyakini Kehadirannya Namun Tidak Dapat Dilihat Keberadaannya

- Rabu, 10 November 2021 | 19:47 WIB
Ilustrasi menanti senja di Pulau Morotai (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi menanti senja di Pulau Morotai (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Morotai - Indonesia kaya akan keberagaman suku dan budaya. Tak heran hingga kini banyak suku-suku di Indonesia yang tidak diketahui keberadaannya dan sulit ditemui.

Salah satu suku yang masih primitif di Indonesia yaitu suku Moro yang berasal dari Kepulauan Maluku.

Menurut mitos, suku Moro pernah hidup di pulau Morotai, kepulauan Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara, dan merupakan suku asli pulau Halmahera.

Berdasarkan mitos yang berkembang keberadaan suku Moro kerap dikaitkan dengan kejadian mistis, seperti cerita tentang sepotong tangan melayang sambil menjepit rokok di jarinya atau suara misterius.

Baca Juga: Mengenang Hari Pahlawan di Museum Perang Dunia Kedua dan Museum Trikora Di Morotai

Sampai sekarang penduduk Halmahera tetap menganggap suku Moro yang pernah menjelajahi Halmahera sebagai sosok yang penuh misteri.

Suku Moro dipercaya hidup bersama dengan masyarakat Morotai, namun menetapnya secara gaib di hutan-hutan atau batu-batu besar.

Hampir semua kampung mengenal dan meyakini kehadiran manusia gaib tersebut. Hanya orang-orang tertentu yang berilmu tinggi yang dapat melihat dan berkomunikasi dengan mereka.

Berdasarkan penjelasan dari orang yang dapat melihat tersebut, diketahui bahwa bentuk suku Moro digambarkan mirip dengan orang Amerika Latin, namun hal itu belum dapat dipastikan kebenarannya karena hingga saat ini sosok suku Moro masih menjadi misteri.

Baca Juga: Pulau Zum-Zum di Morotai, Kisah Jenderal Perang Amerika dan Kesunyiannya

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Destinasi Dark Tourism di Indonesia

Kamis, 3 November 2022 | 10:35 WIB
X