• Rabu, 17 Agustus 2022

Deretan Tanaman Hias yang Populer Selama Pandemi

- Rabu, 17 November 2021 | 12:40 WIB
Tanaman Hias (pixabay.com)
Tanaman Hias (pixabay.com)

CeritaDepok.Com, Depok - Selama masa pandemi, banyak orang yang beramai-ramai menggemari tanaman hias - ini seperti hobi baru. Merawat dan memelihara tanaman hias - di teras atau di balkon rumah - dinilai bisa membantu menghilangkan stres dan mengisi waktu luang selama di rumah saja, serta bisa membuat hunian menjadi lebih asri. Dari beragam jenis tanaman hias, terdapat sederet tanaman hias yang populer selama masa pandemi. Apa saja? Intip di bawah ini!

1. Tanaman Monstera adansonii (Janda Bolong)

Monstera adansonii (Janda Bolong) (pixabay.com)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman hias yang satu ini. Tanaman Monstera adansonii, atau dikenal juga dengan sebutan Janda Bolong, adalah tanaman hias yang memiliki daun unik yakni permukaan daunnya yang berlubang secara alami. Jenis tanaman hias ini tergolong toleran terhadap kondisi ruang dengan pencahayaan yang cukup. Inilah mengapa tanaman Monstera menjadi salah satu pilihan tepat untuk tanaman hias indoor yang bisa membuat sudut ruangan di rumah Anda tampak lebih cantik.

2. Tanaman keladi

Keladi (pixabay.com)

Jenis tanaman hias lainnya yang juga cukup populer selama masa pandemi yaitu tanaman keladi, yang memiliki tampilan memikat. Adapun ciri-ciri tanaman keladi antara lain, berdaun lebar dengan ukuran yang cukup besar dan berbentuk hati, serta memiliki corak warna beragam seperti hijau, putih, merah, dan pink.

Ingin memiliki tanaman hias keladi yang memikat ini? Anda perlu memperhatikan cara merawat tanaman hias ini dengan benar. Pertama, pastikan tanaman keladi mendapatkan air yang cukup - jangan terlalu berlebihan hingga air tergenang pada pot - dengan menyiramnya sehari sekali pada musim kemarau dan dua hari sekali pada musim hujan. Mendapatkan terlalu banyak air bisa menyebabkan akar membusuk dan daun yang menguning.

Baca Juga: Breaking News Bagi Pesepeda : Terjadi Kecelakaan, Pesepeda Tewas Terserempet/Terlindas Truk

Tanaman hias keladi terdiri dari dua jenis genus, yaitu genus Caladium dan genus Alocasia, yang mana kedua genus ini membutuhkan pencahayaan yang berbeda. Tanaman keladi genus Caladium membutuhkan cahaya yang cukup banyak, sehingga Anda dapat meletakkan tanaman ini di tempat yang terbuka agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan intensitas cahaya matahari yang didapatkan agar tidak terlalu berlebihan. Ini karena cahaya matahari yang terlalu banyak dan terlalu terik dapat membuat tanaman menjadi cepat layu dan mengering. Sebaliknya, tanaman hias keladi genus Alocasia justru tidak membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak. Anda dapat meletakkan tanaman keladi genus Alocasia di tempat yang sejuk dan teduh.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan media tanam yang digunakan tanaman hias ini. Untuk membantu tanaman keladi agar tumbuh dengan baik, gunakan daun bambu yang diiris halus, sekam, atau sekam bakar sebagai media tanam. Satu lagi, beri pupuk secara teratur untuk menjaga nutrisinya.

3. Aglaonema

Aglaonema (pixabay.com)

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Semut Merah atau Semut Api

Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Beberapa Alasan Kenapa Orang Suka Nonton Film Horor

Selasa, 9 Agustus 2022 | 04:00 WIB

Kisah Pagi : Perampok Bingung

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:02 WIB

Limun Oriental, Minuman Tempo Dulu Khas Pekalongan

Selasa, 12 Juli 2022 | 08:11 WIB

Kisah Penjual Jangkrik Aduan Di Kota Pekalongan

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:10 WIB

Mengenal Mitos dan Fakta Dari Bunga Wijayakusuma

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:16 WIB
X