• Rabu, 17 Agustus 2022

Mengenal 7 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

- Rabu, 17 November 2021 | 13:28 WIB
Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan salah satu kawasan di Jakarta yang tak hanya cocok untuk wisata kuliner, namun juga sebagai destinasi bersepeda.  (Satrio Nusantoro)
Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan salah satu kawasan di Jakarta yang tak hanya cocok untuk wisata kuliner, namun juga sebagai destinasi bersepeda. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Setelah mengetahui apa saja yang perlu Kamu perhatikan saat bersepeda, Kamu juga perlu mengetahui manfaat yang bisa didapat dari olahraga ini. Khususnya bagi wanita, ini dia berbagai manfaat bersepeda yang bisa Kamu dapatkan:

1. Mengurangi Nyeri Saat Haid
Olahraga bersepeda dikenal sebagai olahraga yang mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan tubuh, termasuk saat Kamu mengalami nyeri haid. Bahkan, olahraga ini dipercaya sebagai olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi. Dengan bersepeda, sirkulasi darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar dan oksigen dapat tersalurkan ke semua otot tubuh. Hasilnya, risiko mengalami masalah nyeri haid pun dapat berkurang.

2. Membentuk Otot Kaki
Rutin bersepeda membantu membentuk otot kaki terutama di area glutes, paha belakang, paha depan, dan betis. Bila ototmu terbentuk dengan baik, maka Kamu akan lebih mudah membakar kalori bahkan saat kamu duduk. Tentu saja, otot kaki tidak akan terlihat seperti atlet olahraga, tapi kakimu akan terlihat lebih kencang dan ramping. Memiliki kaki yang jenjang dan indah tentu menjadi impian setiap wanita, bukan?

Baca Juga: Breaking News Bagi Pesepeda : Terjadi Kecelakaan, Pesepeda Tewas Terserempet/Terlindas Truk

Empat perempuan Tangguh Komunitas Sepeda Crank Ladies, dari kiri Rima, Shinta, Efrina, Ade (Arsip Crank Ladies)

3. Membakar Kalori
Bagi wanita, memiliki berat badan ideal jelas merupakan hal yang sangat diidam-idamkan. Tak jarang, banyak wanita rela melakukan berbagai jenis diet dan olahraga untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Dalam hal ini, bersepeda bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat untuk dilakukan. Kamu bisa membakar 400 sampai 1000 kalori hanya dengan bersepeda selama 1 jam, tergantung dari intensitas dan beban kayuhan yang dipasang. Makin lama durasi bersepeda dan makin berat kayuhannya, otomatis Kamu akan membakar lebih banyak kalori. Bila memungkinkan, Kamu juga bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

4. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker
Menurut penelitian dari University of Glasgow, rutin bersepeda dapat mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Berdasarkan penelitian tersebut, mereka yang rutin bersepeda selama minimal 5 tahun jarang terpapar risiko terkena kanker atau serangan jantung. Padahal, seperti yang kita semua tahu, kanker payudara masih menjadi salah satu momok yang kerap menghantui wanita hingga saat ini.

5. Menjaga Kekuatan Sendi
Menurut Everyday Health, wanita lebih rentan terkena artritis tiga kali lipat lebih besar daripada pria. Hal ini disebabkan oleh empat faktor, yaitu genetika, obesitas, biologis, dan hormon. Biasanya, gangguan sendi akan mudah menyerang penderita obesitas. Namun, jika Kamu rutin bersepeda, obesitas dan masalah sendi akan mudah dihindari.

Baca Juga: Sedih Mendalam, 32 Nyawa Pesepeda Melayang karena Kecelakaan

2 Pesepeda perempuan dan lelaki tengah bergaya usai melaksanakan kegiatan bersepeda (Satrio Nusantoro)

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Semut Merah atau Semut Api

Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Beberapa Alasan Kenapa Orang Suka Nonton Film Horor

Selasa, 9 Agustus 2022 | 04:00 WIB

Kisah Pagi : Perampok Bingung

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:02 WIB

Limun Oriental, Minuman Tempo Dulu Khas Pekalongan

Selasa, 12 Juli 2022 | 08:11 WIB

Kisah Penjual Jangkrik Aduan Di Kota Pekalongan

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:10 WIB

Mengenal Mitos dan Fakta Dari Bunga Wijayakusuma

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:16 WIB
X