• Jumat, 7 Oktober 2022

Kebiasaan Tidur yang Bisa Membuat Berat Badan Jadi Naik

- Minggu, 20 Maret 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi: Seorang perempuan tertidur pulas. (Pixabay.com)
Ilustrasi: Seorang perempuan tertidur pulas. (Pixabay.com)

CeritaDepok.Com, Depok - Kenaikan berat badan selalu bikin frustasi, apalagi saat sedang mencoba menurunkannya. Sangat penting untuk melakukan beberapa olahraga di tengah padatnya rutinitas harian dan memperhatikan asupan kalori jika ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Tapi, ada beberapa kebiasaan buruk tidur yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Beberapa hal mungkin dilakukan di malam hari, yang merugikan kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Beberapa perubahan mungkin ingin Anda lakukan sesegera mungkin. Berikut kebiasaan buruk tersebut, dilansir dari Eat This.

1. Tidur kurang dari 6 jam setiap malam

Ada hubungan antara kurang tidur dan variasi negatif dalam metabolisme. Studi sebenarnya menunjukkan kurang tidur dikaitkan dengan obesitas. Menurut Mayo Clinic, ini mungkin berkaitan dengan fakta jumlah waktu tidur yang dimiliki atau tidak dapat mempengaruhi dua jenis hormon dalam tubuh, leptin dan ghrelin, yang mengontrol rasa lapar.

Baca Juga: Jadwal Acara TV lengkap di stasiun MNCTV, GTV, ANTV, Indosiar, Hingga Trans 7 hari ini Minggu 20 Maret 2022

Penting untuk tidak tidur kurang dari 6 jam setiap malam. Apapun yang kurang dari jumlah waktu itu terkait dengan penambahan berat badan. Jadi, jika tidak mendapatkan istirahat 6 jam, itu bisa menjadi alasan mengapa timbangan naik.

2. Langsung tidur setelah makan

Kebiasaan buruk lain yang mungkin dilakukan adalah langsung tertidur setelah makan. Tidur tepat setelah makan malam memiliki dua hal negatif. Tidak hanya mencegah pembakaran kalori yang baru saja dikonsumsi, tidur setelah makan juga dapat memicu refluks asam. Perut yang penuh ini dapat menyebabkan reaksi berantai karena refluks asam dapat mencegah tidur malam yang nyenyak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan bertambah gemuk.

3. Minum alkohol

Meskipun alkohol dapat membuat tertidur, faktanya minuman beralkohol justru akan memberikan kualitas tidur yang buruk di malam hari. Sekitar 30 persen orang dengan insomnia melaporkan minum alkohol untuk membantu tidur. Alkohol dapat menggangu ritme sirkidan, membuat terbangun dan buang air kecil di malam hari, dan dapat mengganggu pernapasan.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Artikel Terkait

Terkini

Annie Ernaux Raih Nobel Sastra 2022

Jumat, 7 Oktober 2022 | 13:38 WIB

Menjelajahi Kampung Batik Kauman Pekalongan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:23 WIB

Kumpulan Cerita Hikmah: Panah Doa, Karya Eri Hariyanto

Rabu, 28 September 2022 | 12:51 WIB

Mengintip Industri Tapioka Di Kawasan Sentul Bogor

Rabu, 28 September 2022 | 06:30 WIB

Vape atau Rokok Konvensional yang Lebih Berbahaya

Rabu, 21 September 2022 | 08:35 WIB

Hits Bowl: Makanan Simpel yang Enak di Depok

Selasa, 20 September 2022 | 08:42 WIB

Begini Tips Membuat Ruangan Kecil Nampak Luas  

Jumat, 16 September 2022 | 09:05 WIB

Semalam di Ndana, Pulau Terselatan Indonesia

Selasa, 13 September 2022 | 18:33 WIB
X