• Sabtu, 2 Juli 2022

Mengenal Tradisi Unik Rayakan Lebaran di Berbagai Wilayah Indonesia

- Rabu, 4 Mei 2022 | 14:33 WIB
Ilustrasi Tradisi Kupatan setelah Hari Raya Lebaran Idul Fitri. (Instagram.com/@inigresik)
Ilustrasi Tradisi Kupatan setelah Hari Raya Lebaran Idul Fitri. (Instagram.com/@inigresik)

CeritraDepok.com- Perayaan Lebaran di Indonesia memang identik dengan budaya silaturahmi antar keluarga, namun disetiap daerah memiliki tradisi lebaran yang berbeda, berikut berbagai tradisi unik dalam rayakan lebaran Idul Fitri di berbagai wilayah di Indonesia.

Perayaan tersebut bisa saja dilakukan sebelum hari raya, saat hari raya maupun sesudah hari raya. Mulai dari wilayah Riau, Jambi, Bintan, Aceh hingga Lombok.

Selengkapnya, berikut beberapa tradisi lebaran idul fitri di berbagai wilayah di Indonesia, dirangkum CeritaDepok.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: Suasana Lebaran Pasukan Garuda XX-S Monusco di Kongo

Tradisi Baraan, Riau

Tradisi Baraan merupakan kegiatan saling kunjung mengunjungi tetangga secara beramai-ramai, semua rumah di dusun pun mendapatkan giliran untuk dikunjungi.

Beragam makanan mulai dari kue mueh, ketupat, dan opor ayam tersaji. Setiap berkunjung di setiap rumah, sebelum makan dan setelah makan dilakukan pembacaan doa.

Tradisi Tari Topeng Muaro Jambi

Tradisi Tari Topeng Muaro Jambi merupakan hiburan yang ditampilkan setiap momen hari pertama Idul Fitri. Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun dan telah ada sejak ratusan tahun lalu.di Desa Muara Jambi dengan sejumlah sembilan RT dilalui para pemain.

Menariknya topeng dibuat dari labu manis tua berkulit keras dan dihiasi menggunakan cat dengan berbagai warna juga ijuk yang diletakkan di atas topeng.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Mitos dan Fakta Dari Bunga Wijayakusuma

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:16 WIB
X