• Sabtu, 2 Juli 2022

Berikut Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi pada Hari Jumat

- Jumat, 6 Mei 2022 | 06:15 WIB
Alquran Surah Ar-Rahman Ayat 22 Lengkap Mulai Latin Sampai Arti (Pexel )
Alquran Surah Ar-Rahman Ayat 22 Lengkap Mulai Latin Sampai Arti (Pexel )

CeritaDepok.com – Salah satu amalan yang dianjurkan untuk diamalkan pada hari Jumat yaitu membaca Surat Al Kahfi. Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 dan terdapat pada juz ke-15 di dalam Al-Quran.

Surat ini tergolong sebagai surat Makkiyyah, surat yang diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Selain mendapatkan pahala, ternyata orang yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat akan disinari dengan cahaya selama masa antara dua Jumat, sebagaimana dikutip dari buku yang ditulis Syekh Ali Jaber berjudul “Amalan Ringan Paling Menakjubkan”.

Baca Juga: Bakamla RI Patroli Amankan Kawasan Wisata Bahari Manado

Rasulullah SAW, Dari Abu Sa'id al-Khudri, sesungguhnya Nabi Shallalahu'alaihi wa sallam bersabda,”Siapa yang membaca Surah al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari dengan cahaya selama masa antara dua Jumat (seminggu),” ( HR.Al-Hakim).

Kemudian terdapat hadist lain, dari Abu Sa'id al-Khudri, ia berkata,”Barang siapa membaca membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, ia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah,”(HR. ad Darimi. Syaikh al- Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih sebagaimana Shahihul Jami' no.6471).

Kapan kita mulai dapat dimulai? Seperti yang diketahui, awal hari pada kalender Islam dimulai saat matahari terbenam, yaitu saat Maghrib tiba. Maka kita dapat membaca Surat Al Kahfi sejak saat itu.

Baca Juga: Pastikan Keamanan Lebaran Kapolda Jabar Kunjungi Pospam Ketupat Lodaya 2022 Polsek Jonggol

Mungkin sebagian orang merasa belum terbiasa dan mampu bangkit sekaligus karena jumlah ayatnya yang terdiri dari 110 ayat ini.

Maka kita dapat menyiasatinya dengan cara membaca surat tersebut menjadi beberapa bagian.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Mitos dan Fakta Dari Bunga Wijayakusuma

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:16 WIB
X