• Minggu, 2 Oktober 2022

Beberapa Alasan Kenapa Orang Suka Nonton Film Horor

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 04:00 WIB
Poster film bergenre horor yang tengah ditayangkan serentak di bioskop-bioskop Indonesia, Pengabdi Setan 2 : Communion (Satrio Nusantoro)
Poster film bergenre horor yang tengah ditayangkan serentak di bioskop-bioskop Indonesia, Pengabdi Setan 2 : Communion (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Rasa penasaran memang bahan bakar utama untuk menarik minat penonton. Takut pun terkalahkan oleh rasa penasaran. Itu yang membuat banyak orang termasuk yang penakut, berbondong-bondong menonton film horor.

Meski menebar ketakutan, tontonan horor terus diburu penonton. Para sineas dan rumah produksi pun mencari berbagai cara untuk membuat orang makin kecanduan film horor. Suka tidak suka, horor ada di alam pikiran manusia dari masa ke masa.

Melihat antusiasme penonton film horor dan banyak judul film horor bermunculan, artinya banyak orang yang senang sekali menonton kisah-kisah horor menyeramkan seperti itu. Bahkan jika dilihat di berbagai akun YouTube yang ada, channel yang mengemas atau mengangkat isu-isu bertopik horor dan menyeramkan juga memiliki banyak sekali viewers atau penontonya.

Baca Juga: Bukan Soal Kematian Brigadir J, Irjen Sambo Ditahan Soal Kode Etik

Ngapain ke situ sih?” seru Dhania (21) penasaran ketika melihat adegan seorang lelaki di film Pengabdi Setan 2: Communion dengan sengaja memasuki sebuah ruangan gelap. Celotehan semacam ini tidak hanya terdengar sekali atau dua kali dilontarkan sejumlah penonton yang ada di bioskop di Jalan Margonda Raya, Kota Depok (6/8/2022) siang.

Lalu mengapa orang suka nonton film horor?

Menurut beberapa praktisi psikolog mengatakan bahwa ada banyak hal yang membuat banyak orang cenderung menyukai tontonan dengan unsur-unsur horor di dalamnya.

1. Menghibur dan meningkatkan semangat

Tidak hanya itu, rasa menakutkan dan menegangkan itu pula dapat memunculkan keringat di bagian-bagian tertentu tubuh, yang dapat meningkatkan rasa semangat bergairah dan menghibur bagi penonton.

Baca Juga: Warga Depok Jaya Gelar Turnamen Bulutangkis Tingkat Kelurahan Sambut HUT RI Ke 77

Rasa semangat dan menghibur ini juga merupakan pengaruh dari hormon adrenalin yang ditimbulkan dari suasana menakutkan dan menegangkan dari film horor yang disajikan.

Di saat seseorang merasa ketakutan dan khawatir, hormon adrenalin yang muncul saat nonton film horor dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk merasakan sakit juga berkurang.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Cerita Hikmah: Panah Doa, Karya Eri Hariyanto

Rabu, 28 September 2022 | 12:51 WIB

Mengintip Industri Tapioka Di Kawasan Sentul Bogor

Rabu, 28 September 2022 | 06:30 WIB

Vape atau Rokok Konvensional yang Lebih Berbahaya

Rabu, 21 September 2022 | 08:35 WIB

Hits Bowl: Makanan Simpel yang Enak di Depok

Selasa, 20 September 2022 | 08:42 WIB

Begini Tips Membuat Ruangan Kecil Nampak Luas  

Jumat, 16 September 2022 | 09:05 WIB

Semalam di Ndana, Pulau Terselatan Indonesia

Selasa, 13 September 2022 | 18:33 WIB

Begini Cara Kerja Lie Detector Mendeteksi Kebohongan

Jumat, 9 September 2022 | 08:49 WIB
X