• Selasa, 27 September 2022

Upacara Penuh Khidmat Dan Makna Di Gua Sigugula, Klapanunggal Bogor

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Pemasangan bendera di mulut gua oleh Komunitas Gembala, Komunitas Pecinta Alam yang konsen untuk tetap menyuarakan tentang kelestarian alam. (Arsip Komunitas Gembala)
Pemasangan bendera di mulut gua oleh Komunitas Gembala, Komunitas Pecinta Alam yang konsen untuk tetap menyuarakan tentang kelestarian alam. (Arsip Komunitas Gembala)

CeritaDepok.Com, Bogor - Berbagai cara dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 77, salah satunya adalah upacara bendera yang dilakukan oleh Komunitas Gembala. Komunitas Pecinta Alam yang konsen untuk tetap menyuarakan tentang kelestarian alam.

Kali ini upacara pengibaran bendera Merah Putih dilakukan didepan pintu masuk sebuah gua, yaitu gua Sigugula. Lokasi upacara bendera yang dapat dikatakan unik, karena berlokasi di depan sebuah Gua yang diprediksi sudah ada sejak bertahun tahun.

Gua Sigugula, tebing Arpam yang berada di pegunungan kapur Klapanunggal, Bogor, oleh sebagian masyarakat juga sering disebut dengan nama gua Pocong. Mungkin penamaan ini karena sekilas dari depan gua menembus ke belakang, pintu gua belakang terlihat seperti warna putih yang digambarkan sebagai Pocong.

Baca Juga: Sepeda Motor, Alat Angkut Yang Luar Biasa

Sejak pagi, para peserta upacara yang pada umumnya adalah Komunitas Pecinta alam yang berada di sekitar wilayah Bogor dan Depok, telah berdatangan. Bahkan ada beberapa peserta dan panitya yang telah menginap beberapa hari. Mereka latihan dan memasang tali bendera untuk dikibarkan dari atas puncak tebing gua. Didepan pintu gua yang mempunyai ketinggian kurang lebih 30M, bendera merah putih akan dikibarkan dari atas pintu gua. Tiga orang pendaki dan pemanjat tebing, dengan cara bergelantungan ditali, akan membuka tali pengikat bendera yang digulung tepat diatas pintu gua.

"Peserta upacara ini dihadiri oleh beberapa kawan dari berbagai Komunitas Pecinta Alam dan dari Mapala di sekitar wilayah Bogor dan Depok, seperti Mapala Gunadarma dan UPN. Namun sebagai penggagas adalah Komunitas PA Gembala ", kata Ari, salah satu Pecinta Alam dari Cisalak.

Para peserta yang mengikuti upacara bendera (Arsip Komunitas Gembala)

Tepat pukul 10.00 pagi, upacara pengibaran bendera didepan pintu gua Sigugula dimulai. Puluhan peserta upcara telah siap. Selaku inspektur Upacara, adalah Yudi ( ex Mapala UPN ), dengan Komandan Upacara Bayu dari komunitas Gembala.

Baca Juga: Pabrik Alumunium Foil di Gunung Putri Bogor Terbakar

Diawali dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, kemudian dilanjutkan pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bendera diturunkan perlahan oleh 3 orang pemanjat dinding. Tepat selesai lagu Indonesia Raya, bendera berukuran 4 x 6 m berkibar didepan mulut gua Sigugula.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vape atau Rokok Konvensional yang Lebih Berbahaya

Rabu, 21 September 2022 | 08:35 WIB

Hits Bowl: Makanan Simpel yang Enak di Depok

Selasa, 20 September 2022 | 08:42 WIB

Begini Tips Membuat Ruangan Kecil Nampak Luas  

Jumat, 16 September 2022 | 09:05 WIB

Semalam di Ndana, Pulau Terselatan Indonesia

Selasa, 13 September 2022 | 18:33 WIB

Begini Cara Kerja Lie Detector Mendeteksi Kebohongan

Jumat, 9 September 2022 | 08:49 WIB

Masjid Medsos Di Pantai Bali

Jumat, 26 Agustus 2022 | 18:59 WIB
X