• Jumat, 9 Desember 2022

Mengintip Industri Tapioka Di Kawasan Sentul Bogor

- Rabu, 28 September 2022 | 06:30 WIB
Pekerja menjemur bahan olahan dari singkong yang dibuat menjadi tepung tapioka di Desa Karang Tengah, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tepung tapioka sebagai bahan baku untuk industri kuliner tersebut dipasarkan ke seluruh wilayah Jabodetabek (Satrio Nusantoro)
Pekerja menjemur bahan olahan dari singkong yang dibuat menjadi tepung tapioka di Desa Karang Tengah, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tepung tapioka sebagai bahan baku untuk industri kuliner tersebut dipasarkan ke seluruh wilayah Jabodetabek (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Bogor - Onggok. Ini adalah salah satu hasil samping dari industri tepung tapioka yang CeritaDepok kunjungi beberapa hari yang lalu. Kabar baiknya, industri ini memanfaatkan onggok sebagai hasil samping agar tercipta produksi bersih yang mendekati zero waste. Kabar buruknya, onggok ini dimanfaatkan untuk sesuatu yang seringkali kita konsumsi di warung bakso dan mie ayam langganan kita: saus tomat.

Sebenarnya sih kami rasa semua orang sudah tau kalau onggok adalah bahan baku saus tomat. Yang belum banyak orang tahu adalah bagaimana onggok bisa tercipta?

Karena onggok adalah limbah industri tapioka, lebih baik sekalian saja saya jelaskan tentang proses pembuatan tepung tapioka.

Baca Juga: Pelayanan SIM Keliling Memberikan Kemudahan Bagi Masyarakat

Industri tepung tapioka yang kami kunjungi ada di kawasan Desa Karang Tengah, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Supaya tidak ada kesalahpahaman, mari kita samakan persepsi kita tentang makna kata ‘industri’. Industry dalam kamus bahasa Inggris Kielikone MOT Dictionary di handphone saya tertulis seperti ini :

Industri bukan berarti ada cerobong asap, bukan berarti ada kawasan khusus yang berjejer pabrik di kanan kiri, karena definisinya sederhana sekali: memproduksi atau membuat barang. Karena industri yang kami temui sungguh sederhana sekali.

Pernah lewat Tol Jagorawi atau Tol Lingkar Bogor? Coba tengok kanan kiri, utamanya di kawasan kosong yang tidak ada perumahannya. Pasti ada beberapa industri serupa. Industri tepung tapioka memang banyak di beberapa titik di pinggiran tol. Ciri khasnya adalah jejeran tampah yang dikeringkan di bawah terik matahari.

Baca Juga: Sinopsis Mantan IPA dan IPS Season 2, Selasa, 27 September 2022 Episode 35 di GTV: Riski Hampir Meregang Nyawa

Tepung tapioka adalah tepung berbahan dasar singkong. Diagram cara memproduksi tepung tapioka menurut Tjiptadi (1985) adalah seperti di bawah ini

Cerita pembuatan tepung tapioka bermula dari singkong utuh. Dikupas sedemikian rupa sampai bersih. Oh hampir lupa, singkong yang umumnya digunakan sebagai bahan baku industri tapioka bukanlah jenis singkong yang selama ini kita makan. Singkong secara garis besar ada 2 jenis, yakni ‘singkong hitam’ dan ‘singkong putih’. Sekadar info, sebenarnya semua jenis singkong mengandung racun sianida (HCN). 

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Destinasi Dark Tourism di Indonesia

Kamis, 3 November 2022 | 10:35 WIB
X