• Jumat, 9 Desember 2022

Komunitas Sepeda Federal Depok (FEDE), Dalam Kayuhan Ada Persahabatan

- Rabu, 28 September 2022 | 09:00 WIB
Anggota komunitas Federal Depok (FEDE) saat mengadakan pertemuan (Arsip Komunitas FEDE)
Anggota komunitas Federal Depok (FEDE) saat mengadakan pertemuan (Arsip Komunitas FEDE)

CeritaDepok, Depok - FEDE (Federal Depok) adalah komunitas pecinta sepeda federal di sekitar Depok. Anggotnya pada umumnya adalah para pecinta sepeda Federal yang sama-sama ingin melestarikan sepeda legendaris itu baik dengan cara membangun kembali sepeda yang hanya tinggal tersisa framenya saja maupun merestorasi sepeda yang masih orisinil onderdilnya.

Sejak Mei 2013 sebenarnya komunitas ini sudah menggelar kegiatan-kegiatan namun secara "resmi" dalam tanda petik berani muncul pada bulan Juni 2013, komunitas FEDE ini resmi terbentuk 3 Juni 2013.

“Bermula dari hobi saya bersepeda, karena sering sendirian saya iseng membuka sebuah laman internet yang berisi diskusi-diskusi sepeda, disambutlah oleh 5 orang yang sama-sama suka gowes dengan sepeda Federal”, cerita Tomi, salah satu pendiri komunitas sepeda Fede melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Perlu Diketahui Daftar Nomor Seri Sepeda Federal, Produk Lokal Yang Telah Mendunia

Dua Pendiri FEDE

“Kita mencoba janjian di UI, dalam pikiran saya saat itu cari tempat yang keren dikit ah, sepeda sudah tua, masa janjian di tempat yang gak keren, akhirnya saya pilihlah tempat kumpul Restoran Korea di belakang perpustakaan UI Depok, disamping tempatnya indah juga lengkap sebagai tempat nongkrong, ada tempat makannya, tempat ngopi dan tentunya toilet”, tambah Tomi.

“Dari janjian 5 orang di tempat tersebut, ternyata hanya satu orang saja yang hadir, yaitu om Muslimin, akhirnya kita putuskan gowes bareng “Lima Danau”. Di situ Cikaret pada gowes bareng tersebut itulah tercetus nama Fede (Federal Depok)”, kenang Tomi.

Anggota komunitas Federal Depok (FEDE) saat mengadakan pertemuan (Arsip Komunitas FEDE)

Situ Cikaret saat tercetus nama FEDE

“Yah FEDE secara resmi terbentuk pada 3 Juni 2013, yaitu ketika ditemukan nama FEDE dan Logonya pada saat gowes bareng “Lima Danau” untuk pertama kalinya”, tutur Abid Zusriha Hasan menguatkan. Abid saat ini di dapuk oleh para admin Fede menjadi ketua dari komunitas ini.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Destinasi Dark Tourism di Indonesia

Kamis, 3 November 2022 | 10:35 WIB
X