• Rabu, 17 Agustus 2022

Tips Cara Mencegah Ternak Sapi dari Serangan Penyakit

- Senin, 16 Mei 2022 | 05:02 WIB
Waris tengah menjalankan rutinitas membersihkan kandang sapi milik CV Puput Bersaudara di Jabon, Kemang, Kabupaten Bogor (Satrio Nusantoro)
Waris tengah menjalankan rutinitas membersihkan kandang sapi milik CV Puput Bersaudara di Jabon, Kemang, Kabupaten Bogor (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Sapi merupakan hewan ternak yang banyak dibudidayakan masyarakat selain kambing. peternakan sapi terbagi menjadi dua, yaitu sapi perah dan sapi pedaging. Menjelang Hari Raya Idul Adha, biasanya permintaan sapi pedaging untuk kurban meningkat.

Agar sapi tidak mudah terserang penyakit perlu dijaga kesehatannya dengan benar. Cara menjaga agar sapi tetap sehat pada dasarnya mudah diterapkan. Hanya saja tetap dibutuhkan ketelitian peternak dalam memantau perubahan yang terjadi pada hewan ternaknya.

Berikut cara mencegah serangan penyakit pada peternakan sapi yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Mempelajari Cara Membedakan Daging Sapi dengan Daging Babi Agar Tidak Mudah Tertipu Pedagang Daging Nakal

1. Siapkan kandang isolasi

Kandang isolasi berfungsi untuk menampung sapi yang didapat dari luar wilayah untuk diamati terlebih dahulu perkembangannya. Peternak perlu memastikan kondisi sapi benar-benar sehat. Jika sapi memiliki beberapa gejala penyakit perlu segera ditangani sehingga tidak menularkan ke hewan ternak lainnya.

Selain itu. kandang isolasi juga dapat digunakan untuk memisahkan ternak yang sedang diisolasi. Isolasi merupakan tindakan pemisahan ternak yang sedang menderita penyakit menular dari dalam kandang ke tempat yang jauh dari kandang. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penularan dan proses penyembuhan akan lebih terfous pada sapi yang sakit.

Baca Juga: Gejala Yang Timbul dan Cara Mencegah Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak

2. Pemberian vaksin

Vaksin merupakan tindakan untuk memberikan kekebalan pada tubuh sapi sehingga tahan terhadap penyakit yang berasal dari bakteri dan virus. Deworming adalah tindakan pengobatan atau pengeluaran cacing dengan obat kimia atau bahan lain. Deworming biasanya dilakukan 4 bulan sekali dengan dosis sesuai anjuran.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pagelaran Seni, Sambil Ukir Prestasi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Memupuk Generasi Bangsa, Lewat Gerakan Pramuka

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:25 WIB

Mengenal Lebih Dekat Dengan Mamah Dedeh

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Berongga Dua Meter, Jembatan BDB Ditambal

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:00 WIB

Demam Catur Kembali Melanda Depok Jaya

Kamis, 21 Juli 2022 | 06:15 WIB
X