• Sabtu, 2 Juli 2022

Beberapa Tips Ampuh Menggemukkan Sapi dalam 3 Bulan

- Selasa, 17 Mei 2022 | 05:35 WIB
Peternak sapi atau orang yang ingin membuka usaha ternak sapi harus mengetahui cara menggemukkan sapi yang berkualitas tinggi dengan cepat. (Satrio Nusantoro)
Peternak sapi atau orang yang ingin membuka usaha ternak sapi harus mengetahui cara menggemukkan sapi yang berkualitas tinggi dengan cepat. (Satrio Nusantoro)

Cerita Depok.Com, Depok - Kebutuhan daging sapi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini dipicu oleh adanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan pertumbuhan penduduk sehingga daya beli masyarakat akan semakin tinggi.

Sementara, hingga kini, untuk memenuhi kebutuhan daging di pasar lokal, pemerintah melakukan impor daging sapi dan daging lainnya. Melihat kondisi tersebut, mengembangkan usaha peternakan sapi menjadi peluang yang besar dan menguntungkan.

Berbeda dengan peternak luar negeri yang memiliki ratusan ekor sapi oleh satu orang peternak, Indonesia hanya memiliki 1-3 ekor sapi oleh satu orang peternak yang rata – rata dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Baca Juga: Tips Cara Mencegah Ternak Sapi dari Serangan Penyakit

Beternak sapi memang sangat menguntungkan dan menggiurkan jika dibandingkan dengan komoditi lainnya. Bayangkan jika harga satu ekor sapi dewasa ukuran konsumsi dibanderol dengan harga 15-20 juta. Dengan memiliki 10 ekor sapi saja, sudah bisa diramalkan berapa penghasilan yang akan didapatkan.

Maka dari itu, peternak sapi atau orang yang ingin membuka usaha ternak sapi harus mengetahui cara menggemukkan sapi yang berkualitas tinggi dengan cepat. Cara pemeliharaan dan pemberian pakan yang efisien, hemat, dan cepat tentu dapat mendukung perkembangan dari ternak sapi.

Kebersihan kandang

Meskipun peternakan sapi terkesan kotor dan kumuh, Anda harus tetap menjaga kebersihan kandang dari kotoran sapi itu sendiri atau kotoran lainnya yang meliputi lantai kandang, lingkungan, dan sistem pembuangan kotoran sapi. Usahakan tidak ada bau yang menyengat karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan daya tarik sapi terhadap makanan.

Baca Juga: Gejala Yang Timbul dan Cara Mencegah Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak

Kesehatan sapi

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bulu Ayam Sebabkan Banjir di Pasar Kemirimuka

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:20 WIB

Sebuah Percikan Permenungan: Pejuang Kebersihan

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:12 WIB

Menjaga Kebersihan Kandang Kunci Ternak Sehat

Kamis, 16 Juni 2022 | 05:31 WIB

Tips Cermat Membeli Hewan Kurban dari Pedagang

Rabu, 15 Juni 2022 | 05:10 WIB

Mutiara Hikmah Pagi : Ikhlas Itu Ibarat Akar

Selasa, 14 Juni 2022 | 04:47 WIB
X