• Selasa, 27 September 2022

Sapi Potong Sehat Butuh Pakan Konsentrat

- Rabu, 18 Mei 2022 | 04:54 WIB
Pakan merupakan komponen biaya terbesar dalam usaha peternakan. Bahkan untuk usaha komersial , dapat mencapai hingga 70 %.. Pekerja tengah memberikan pakan konsentrat di Kandang Jabon, Parung Bogor. (Satrio Nusantoro)
Pakan merupakan komponen biaya terbesar dalam usaha peternakan. Bahkan untuk usaha komersial , dapat mencapai hingga 70 %.. Pekerja tengah memberikan pakan konsentrat di Kandang Jabon, Parung Bogor. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Pakan merupakan komponen biaya terbesar dalam usaha peternakan. Bahkan untuk usaha komersial , dapat mencapai hingga 70 %. Fakta di lapangan, kemampuan ekonomi petani/peternak pada peternakan rakyat masih relatif rendah sehingga sering terjadi ternak sapi peliharaan tidak diberi pakan yang memadai dikarenakan harga pakan yang relatif mahal.

Pakan yang diberikan haruslah sesuai dengan ketersediaan, kesinambungan, kualitas maupun kuantitasnya.  Disebabkan biaya pakan dalam usaha penggemukan memberikan kontribusi yang cukup besar, oleh karenanya peternak harus dapat memberikan pakan yang murah namun berkualitas sehingga bermanfaat bagi peningkatan produksi daging. Untuk menyusun ransum ternak sapi potong yang terpenting adalah strategi dalam mengolah bahan pakan potensial yang tersedia secara lokal menjadi produk ekonomis yang aman, sehat, utuh, berkualitas dan halal.

Ada tiga jenis pakan sapi potong yang biasa digunakan oleh peternak. Salah satu diantaranya adalah pakan konsentrat. Sedangkan yang lainnya yaitu pakan hijauan dan pakan tambahan. Ketiga jenis pakan tersebut diberikan dalam bentuk ransum atau diberikan secara terpisah. Khusus pemberian konsentrat umumnya pada pagi hari, dilakukan sebelum pemberian pakan hijauan.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Trans TV hari ini Rabu 18 Mei 2022. Ada Bikin Laper, Bioskop Trans TV, Dream Box Indonesia

Konsentrat merupakan pakan ternak bergizi tinggi yang tersusun dari beberapa bahan pakan dengan proporsi jumlah dan kandungan nutrisi yang berimbang.

Konsentrat merupakan pakan ternak bernilai gizi tinggi dengan harga relatif mahal. Oleh karena itu, untuk menghemat biaya, konsentrat dapat dibuat sendiri dari bahan murah dan mudah diperoleh serta berkualitas baik yang tersedia secara lokal dengan proporsi jumlah dan kandungan nutrisi yang berimbang.

Pakan konsentrat terbuat dari bahan dengan kadar serat kasar yang rendah sehingga mudah dicerna oleh ternak. Konsentrat berperan penting mempercepat proses penggemukan sapi potong, tetapi peternak tidak boleh memberikan pakan konsentrat terlalu tinggi, harus diimbangi dengan hijauan. Pada umumnya konsentrat terbuat dari bekatul, dedak, ampas singkong, ampas tahu, bungkil kelapa, tepung ikan, dan polard. Bahan yang paling sering digunakan untuk membuat konsentrat adalah limbah pertanian karena harganya jau mudah diperoleh dan berkualitas baik h lebih ekonomis.

Baca Juga: Beberapa Tips Ampuh Menggemukkan Sapi dalam 3 Bulan

Fungsi dan cara pembuatan konsentrat

Konsentrat berfungsi sebagai pakan tambahan untuk melengkapi pakan dasar (pakan sumber serat/rumput). Bagi ternak sapi potong, pakan ini merupakan : a) sumber protein; b) sumber energi; dan c) pakan pelengkap. Agar berfungsi optimal, pakan konsentrat harus terdiri dari : pakan sumber protein tinggi, pakan sumber energi tinggi serta pakan sumber vitamin dan mineral.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenduri Budaya Di Acara Bakul Budaya FIB UI

Minggu, 25 September 2022 | 06:30 WIB

Kembangkan Pertanian Perkotaan di Jatijajar, Kota Depok

Kamis, 22 September 2022 | 09:06 WIB

Pemkot Depok Mau Pakai Mobil Listrik?

Kamis, 22 September 2022 | 08:54 WIB

Camilan Nusantara Di Acara Bakul Budaya FIB UI

Sabtu, 17 September 2022 | 18:39 WIB

3.600 Bayi Divaksinasi PCV Gratis Di Depok

Sabtu, 17 September 2022 | 13:51 WIB

Berbagai Generasi Menari Di Kampus FIB UI

Minggu, 11 September 2022 | 19:12 WIB

Jalan Raya Lenteng Agung Menuju Depok Macet Parah

Sabtu, 10 September 2022 | 20:44 WIB

Renungan Sebelum Tidur Bersama Ustadz Yanuar

Kamis, 8 September 2022 | 21:42 WIB

Gara-gara Sibuk Main Game Online, Istri Dibakar Suami

Kamis, 8 September 2022 | 11:28 WIB
X