• Selasa, 27 September 2022

Penyemprotan Desinfektan dan Pemberian Vitamin, Ikhtiar Pencegahan Masuknya Wabah Penyakit Mulut Dan Kuku.

- Minggu, 12 Juni 2022 | 20:39 WIB
Petugas dari Dinas Kesehatan Hewan, setiap hari melakukan pengawasan kesehatan ternak dan menyuntikkan vitamin kepada hewan ternak di peternakan sapi milik CV Puput Bersaudara di kampung Kekupu, Rangkapan Jaya, Kota Depok. (Satrio Nusantoro)
Petugas dari Dinas Kesehatan Hewan, setiap hari melakukan pengawasan kesehatan ternak dan menyuntikkan vitamin kepada hewan ternak di peternakan sapi milik CV Puput Bersaudara di kampung Kekupu, Rangkapan Jaya, Kota Depok. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Masyarakat diimbau tidak panik atas munculnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Dalam upaya penanganan dan pencegahan meluasnya wabah PMK pada hewan ternak salah satu usaha ternak terbesar di Kota Depok, CV Puput Bersaudara, selalu melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin pada ternak, mengedukasi kepada masyarakat bahkan melakukan penerapan penyemprotan desinfektan kepadan hewan ternak yang akan memasuki atau keluar kawasan kandang.

Seperti kegiatan penyemprotan desinfektan kepada hewan ternak di kandang CV Puput Bersaudara di Kampung Kekupu, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga: Mengintip Aktifitas Para Fotografer Saat Meliput Peternakan Sapi di Rangkapan Jaya Depok

Menurut pemilik CV Puput Bersaudara, Haji Didik Priyanto upaya ini merupakan bagian dari pencegahan masuknya wabah peyakit mulut dan kuku yang sedang ramai merebak belakangan ini.

Karyawan CV Puput Bersaudara tengah menyemprotkan cairan desinfektan khusus hewan dan tidak berbahaya bagi manusia di peternakan Kampung Kekupu, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari untuk mencegah masuknya wabah penyakit mulut dan kuku. (Satrio Nusantoro)

"Setiap hewan ternak tidak terkecuali akan disemprotkan cairan desinfektan sebelum memasuki atau keluar areal kandang. Kami terapkan aturan ini adalah sebagai ikhtiar pencegahan masuknya virus yang membawa penyakit mulut dan kuku pada ternak yang kami pelihara dan jual", ungkap Didik.

Didik juga menjelaskan bahwa ternak-ternak peliharaannya selalu diawasi kesehatan dan gizinya supaya konsumen yang datang di CV Puput Bersaudara bisa tenang dalam memilih dan membeli hewan tanpa takut hewannya berpenyakit.

Baca Juga: Strategi Pencegahan Masuknya PMK Ke Peternak Sapi Di Kampung Kupu Depok

"Kami selalu memperhatikan kesehatan hewan sapi dan kambing di kandang kami. Pemberian pakan konsentrat dengan gizi yang cukup serta pemberian vitamin dan suplemen kesehatan hewan adalah rutin terjaga setiap hari", pungkas Didik.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenduri Budaya Di Acara Bakul Budaya FIB UI

Minggu, 25 September 2022 | 06:30 WIB

Kembangkan Pertanian Perkotaan di Jatijajar, Kota Depok

Kamis, 22 September 2022 | 09:06 WIB

Pemkot Depok Mau Pakai Mobil Listrik?

Kamis, 22 September 2022 | 08:54 WIB

Camilan Nusantara Di Acara Bakul Budaya FIB UI

Sabtu, 17 September 2022 | 18:39 WIB

3.600 Bayi Divaksinasi PCV Gratis Di Depok

Sabtu, 17 September 2022 | 13:51 WIB

Berbagai Generasi Menari Di Kampus FIB UI

Minggu, 11 September 2022 | 19:12 WIB

Jalan Raya Lenteng Agung Menuju Depok Macet Parah

Sabtu, 10 September 2022 | 20:44 WIB

Renungan Sebelum Tidur Bersama Ustadz Yanuar

Kamis, 8 September 2022 | 21:42 WIB

Gara-gara Sibuk Main Game Online, Istri Dibakar Suami

Kamis, 8 September 2022 | 11:28 WIB
X