• Kamis, 11 Agustus 2022

Muncul Wabah PMK, Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha Hanya Dilakukan di RPH

- Senin, 20 Juni 2022 | 06:20 WIB
Pemotongan hewan kurban CV Puput Bersaudara di RPH Tapos, Cimanggis Depok, tahun 2021 (Satrio Nusantoro)
Pemotongan hewan kurban CV Puput Bersaudara di RPH Tapos, Cimanggis Depok, tahun 2021 (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Kementan mengatakan saat ini penanganan wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) berpacu dengan musim lebaran Idul Adha 2022.

Direktur kesehatan Hewan (Ditkeswan) Direktorat Jendral PKH (Peternakan dan Kesehatan Hewan) Kementerian Pertanian, Ira Firgorita mengatakan saat ini penanganan wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) berpacu dengan musim lebaran Idul Adha 2022.

Menurutnya adanya wabah PMK memungkinkan untuk prosesi pemotongan hewan kurban bakal hanya dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) hal tersebut untuk menekan penyebaran wabah.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Masuknya Virus PMK pada Hewan Ternak Sapi dan Kambing

Hal tersebut seperti yang diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pertanian Nomor 03/SE/PK.300/M/5/2022 tentang pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah PMK.

"Dengan adanya wabah PMK tentu diperlukan mitigasi dalam pengaturan yang lebih lanjut," ujarnya dalam Webinar bersama Kadin, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya pemerintah telah mengatur tentang pengaturan pelaksanaan pemotongan hewan kurban ditengah wabah PMK. SE Mentan tersebut bakal menjadi pedoman pemotongan hewan.

Baca Juga: Strategi Pencegahan Masuknya PMK Ke Peternak Sapi Di Kampung Kupu Depok

Adapun isi dari SE tersebut setidaknya mengatur 3 klasifikasi pemotongan hewan kurban ditengah wabah PMK. Pertama pemotongan dilakukan di RPH, pemotongan di luar RPH, dan pemotongan bersyarat.

Wilayah yang wajib melakukan pemotongan hewan di RPH adalah wilayah wabah/tertular, daerah terduga penyebaran, dan daerah bebas. Sedangkan pemotongan yang diperbolehkan di luar RPH adalah hanya untuk pelaksanaan upacara keagamaan, upacara adat, atau pemotongan darurat.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berongga Dua Meter, Jembatan BDB Ditambal

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:00 WIB

Demam Catur Kembali Melanda Depok Jaya

Kamis, 21 Juli 2022 | 06:15 WIB
X