• Sabtu, 2 Juli 2022

Cegah Virus Pada Sapi, Peternak Sapi Suntik Vitamin dan Antibiotik Secara Mandiri

- Selasa, 21 Juni 2022 | 05:52 WIB
Herdias dari Dinas Kesehatan Hewan Kota Depok tengah bersiap memberikan suntikan antibiotik dan multivitamin kepada sapi di kandang CV Puput Bersaudara. (Satrio Nusantoro)
Herdias dari Dinas Kesehatan Hewan Kota Depok tengah bersiap memberikan suntikan antibiotik dan multivitamin kepada sapi di kandang CV Puput Bersaudara. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Jauh sebelum merebak virus PMK, H. Didik Priyanto pemilik usaha pembesaran dan penggemukkan sapi asal Depok, CV Puput Bersaudara,  sudah melakukan penyuntikan hewan ternaknya dengan anti biotik Interflox, anti radang dan juga multivitamin setiap hari kepada sapi dan kambing ternak yang mereka pelihara.

Tindakan itu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit yang menyerang ternak, utamanya seperti yang merebak saat ini penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Penyuntikan hewan ternak dengan menggunakan anti biotik Interflox, anti radang dan juga multivitamin ini sudah dilakukan H. Didik Priyanto sejak pelaksanaan kurban tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Muncul Wabah PMK, Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha Hanya Dilakukan di RPH

“Kita jaga kesehatan tiap bulan, kita kasih injeksi vitamin dan antibiotik, sementara belum ada dari dinas peternakan dikasih vaksin. Maunya si ternaknya sehat. Untuk mencapai sehat peternak butuh vaksin. Harapannya musibah ini virus kuku mulut ini segera hilang, karena virus dilawan dengan vaksin.”ungkap Didik kepada CeritaDepok.Com, Senin (20/6/2022).

H Didik Priyanto (47) pemilik usaha perdagangan sapi dan kambing kurban CV Puput Bersaudara. (Satrio Nusantoro)

Belum mendapatkan data pasti dari pihak Dinas Peternakan Kota Depok terkait hewan ternak khususnya sapi yang telah terinfeksi penyakit mulut dan kuku.

Selain menyuntikkan antibiotik dan vitamin, peternak ini juga semakin sering membersihkan kandang sapi serta melakukan penyemprotan desinfektan.

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bulu Ayam Sebabkan Banjir di Pasar Kemirimuka

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:20 WIB

Sebuah Percikan Permenungan: Pejuang Kebersihan

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:12 WIB

Menjaga Kebersihan Kandang Kunci Ternak Sehat

Kamis, 16 Juni 2022 | 05:31 WIB

Tips Cermat Membeli Hewan Kurban dari Pedagang

Rabu, 15 Juni 2022 | 05:10 WIB

Mutiara Hikmah Pagi : Ikhlas Itu Ibarat Akar

Selasa, 14 Juni 2022 | 04:47 WIB
X