• Kamis, 11 Agustus 2022

Syarat Seekor Kambing Bisa Dijadikan Hewan Kurban untuk Idul Adha 2022

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 22:03 WIB
Kumpulan kambing dilapak penjualan hewan kurban CV Puput Bersaudara, Kampung Kekupu, Rangkapan Jaya, Kota Depok, tahun 2021lalu. (Satrio Nusantoro)
Kumpulan kambing dilapak penjualan hewan kurban CV Puput Bersaudara, Kampung Kekupu, Rangkapan Jaya, Kota Depok, tahun 2021lalu. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Kambing atau dalam bahasa latin Capra aegagrus hircus merupakan hewan ternak yang dapat dijadikan hewan kurban pada hari raya Idul Adha. Namun ada sejumlah syarat kambing kurban yang dipenuhi.

Tidak semua kambing bisa menjadi hewan kurban. Adapun mengenai syarat kambing kurban ini akan dibahas di bawah ini. Anda perlu tahu sebelum momen Idul Adha 2022 tiba. 

Syarat Kambing Kurban

Berdasarkan penjelasan dalam laman islam.nu.or.id, syarat kambing kurban untuk dikurbankan adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Muncul Wabah PMK, Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha Hanya Dilakukan di RPH

1. Usia kambing kurban harus tepat

Jenis domba untuk biri-biri adalah 1 tahun, namun bagi yang kesulitan menemukan kambing berumur 1 tahun dapat mengambil domba berumur enam bulan.

Jika kambing yang tersedia bukan kambing domba melainkan kambing jawa, maka minimal harus berumur 1 tahun menjelang umur 2 tahun dan tidak boleh lebih dari umur 2 tahun untuk dikorbankan.

Persoalan umur ini dibahas dalam kitab Kifayatul Akhyar, berbunyi "Umur hewan kurban adalah Al-Jadza’u (Domba yang berumur 6 bulan-1 tahun), dan Al-Ma’iz (Kambing jawa yang berumur 1-2 tahun), dan Al-Ibil (Unta yang berumur 5-6 tahun), dan Al-Baqar (Sapi yang berumur 2-3 tahun)."

Baca Juga: Tips Cermat Membeli Hewan Kurban dari Pedagang

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berongga Dua Meter, Jembatan BDB Ditambal

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:00 WIB

Demam Catur Kembali Melanda Depok Jaya

Kamis, 21 Juli 2022 | 06:15 WIB
X