• Kamis, 11 Agustus 2022

Cara dan Syarat Dalam Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Tahun 2022

- Rabu, 29 Juni 2022 | 08:00 WIB
Cara Mudah Membuat Kartu Kuning Untuk Mencari Kerja baik Secara Online maupun Offline (youtube desain pemula)
Cara Mudah Membuat Kartu Kuning Untuk Mencari Kerja baik Secara Online maupun Offline (youtube desain pemula)

CeritaDepok.Com, Depok - Berikut kami berikan informasi cara membuat kartu kuning online dan offline penting untuk diketahui para pekerja. Kartu kuning merupakan kartu tanda pencari kerja yang biasanya diperlukan untuk melamar kerja sebagai PNS atau instansi swasta.

Selain itu, kita juga harus mengetahui syarat membuat kartu kuning dengan mengecek di laman resmi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) masing-masing wilayah kabupaten/kota. Syarat membuat kartu kuning di setiap daerah biasanya sedikit berbeda. Namun secara umum, dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan kartu kuning relatif hampir sama.

Kalau diambil dari laman Indonesia.go.id, kartu kuning berfungsi untuk pendataan para pencari kerja. Kartu ini dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kabupaten/kota.

Baca Juga: Keluar Masuk ICU, Ada Flek Hitam Di Otak Ruben Onsu

Kartu kuning biasanya mencantumkan beberapa informasi tentang pemiliknya. Informasi tersebut meliputi nama, nomor induk kependudukan (NIK) KTP, data kelulusan, hingga sekolah dan universitas tempat pencari kerja memperoleh gelar, bergantung pada pendidikan terakhir.

Disnaker akan memberi data calon pencari kerja kepada pihak perusahaan. Data-data pencari kerja ini didapatkan dari nama-nama pencari kerja yang sudah terdaftar dan memiliki kartu kuning. Untuk membuat kartu kuning, pencari kerja tidak dikenakan biaya alias gratis.

Ada dua cara untuk membuat kartu kuning yaitu secara online atau datang langsung ke Dinas Ketenagakerjaan. Sebelumnya, ketahui dulu syarat membuat kartu kuning online dan offline.

Baca Juga: Keluar Masuk ICU, Ada Flek Hitam Di Otak Ruben Onsu

Syarat membuat kartu kuning

Sebelum daftar, Anda harus menyiapkan beberapa syarat membuat kartu kuning terlebih dahulu. Seperti disebutkan sebelumnya, dokumen persyaratan kartu kuning bergantung pada kebijakan Disnaker di daerah masing-masing.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berongga Dua Meter, Jembatan BDB Ditambal

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:00 WIB

Demam Catur Kembali Melanda Depok Jaya

Kamis, 21 Juli 2022 | 06:15 WIB
X