Ada Rumah Sarung Di Kampus Universitas Indonesia

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 07:00 WIB
“Rumah Sarung” ini berdiri di halaman Makara Art Center Universitas Indonesia dengan ukuran sekitar 2 x 5 meter. (Arsip Makara Art Center UI)
“Rumah Sarung” ini berdiri di halaman Makara Art Center Universitas Indonesia dengan ukuran sekitar 2 x 5 meter. (Arsip Makara Art Center UI)

CeritaDepok.Com, Depok - Jika bepergian naik Kereta Rel Listrik (KRL) dari Depok menuju Jakarta, coba lah anda menengok kearah kampus Universitas Indonesia selepas kereta meninggalkan Stasiun Pondok Cina menuju Stasiun Universitas Indonesia. Di sana akan terlihat bangunan semacam rumah dengan aneka warna yang menghiasnya.

Jika diperhatikan dari jauh kita pasti akan berkesimpulan bahwa itu rumah asli, tapi apabila kita mendekat maka kesimpulan itu pasti berubah. Ya, bangunan itu memang berbentuk rumah, tapi bukan rumah pada umumnya yang berbahan tembok, melainkan rumah yang dibuat dari puluhan kain sarung beraneka jenis dan motif.

Rumah Sarung” ini berdiri di halaman Makara Art Center Universitas Indonesia dengan ukuran sekitar 2 x 5 meter.

Baca Juga: Iluni FIB UI Masuk Desa, Membantu Pengelolaan Rumah Baca di Kopeng, Jawa Tengah

Rumah Sarung ini sesungguhnya merupakan sebuah karya seni instalasi yang digagas oleh Jejaring Duniasantri yang sedang berpameran di sana dengan tajuk “Negeri Sarung”.
Jejaring Duniasantri sendiri adalah sekelompok individu dengan beragam latar belakang suku, agama, dan profesi yang memiliki kepedulian yang sama akan perkembangan santri dan pondok pesantren demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rumah Sarung ini sesungguhnya merupakan sebuah karya seni instalasi yang digagas oleh Jejaring Duniasantri yang sedang berpameran di sana dengan tajuk “Negeri Sarung”. (Arsip Makara Art Center UI)

Adapun Jejaring Duniasantri ini berkedudukan di kawasan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Selain karya seni instalasi Rumah Sarung, Jejaring Duniasantri juga menyiapkan pameran lukisan bergambar wajah tokoh-tokoh masyarakat yang kebanyakan berasal dari Nahdlatul Ulama, namun lukisan tersebut juga dikombinasikan dengan koleksi sarung dari sang tokoh.

Baca Juga: Gerakan Literasi Anak Dan Remaja (Gelar) Berlangsung Meriah di Kampus FIB UI

Selain karya seni instalasi Rumah Sarung, Jejaring Duniasantri juga menyiapkan pameran lukisan bergambar wajah tokoh-tokoh masyarakat yang kebanyakan berasal dari Nahdlatul Ulama, namun lukisan tersebut juga dikombinasikan dengan koleksi sarung dari sang tokoh. (Arsip Makara Art Center UI)

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upah Minimum Kota Depok Tahun 2023 Naik 7,25 Persen

Minggu, 29 Januari 2023 | 23:46 WIB

Bakul Budaya FIB UI "Go Younger"

Minggu, 15 Januari 2023 | 14:43 WIB
X