Pecel Madiun Di Bakul Budaya FIB UI

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 04:50 WIB
Para anggota komunitas Bakul Budaya dan Fitra Manan (ketiga dari kanan) saat meriung menghidangkan Pecel Madiun di Pelataran kampus FIB UI, Sabtu, 1 Oktober 2022. (Arsip Iluni FIB UI)
Para anggota komunitas Bakul Budaya dan Fitra Manan (ketiga dari kanan) saat meriung menghidangkan Pecel Madiun di Pelataran kampus FIB UI, Sabtu, 1 Oktober 2022. (Arsip Iluni FIB UI)

Ceritadepok.com, Depok - Puluhan orang meriung di Pelataran Kampus Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) sambil membawa pincuk, atau wadah makanan dari daun pisang, berisi aneka ragam sayuran yang disiram dengan sambal kacang yang kental.

Mereka adalah para anggota komunitas Bakul Budaya yang usai berlatih tari Yapong di kampus FIB UI selalu menutupnya dengan makan bersama. Kali ini, Sabtu 1 Oktober 2022, mereka secara guyub membawa menu makanan berupa Pecel Madiun dan Tahu Telur.

Pecel Madiun siap dihidangkan. (Arsip Iluni FIB UI)

Komunitas Bakul Budaya yang terbentuk pada 3 September 2022 ini adalah komunitas yang lahir atas Prakarsa Iluni FIB UI dan pihak Kampus FIB UI yang memberi ruang bagi masyarakat luas untuk berekspresi terkait dengan seni dan kebudayaan khas Nusantara, seperti lewat tari dan kuliner Nusantara yang selama ini telah mereka wujudkan bersama-sama.

Di awal acara, para anggota komunitas Bakul Budaya berlatih tari dahulu, dengan instruktur tari Emma Wuryandari (kiri) dan Sufiania. (Arsip Iluni FIB UI)

Baca Juga: Sinopsis Cinta Setelah Cinta Minggu 2 Oktober 2022: Dinda Kanya Kembali jadi Peran Antagonis yang Legendaris

Ketua Komunitas Bakul Budaya Dewi Marhaeni menyebut bahwa Bakul Budaya adalah rumah bagi masyarakat luas untuk bersama-sama berkreasi dalam mengembangkan berbagai seni dan tradisi Nusantara.

Ketua Komunitas Bakul Budaya Dewi Fajar Marhaeni (tengah depan) bersama anggotanya menikmati Pecel Madiun. (Arsip Iluni FIB UI)

Salah satu tokoh yang hadir dalam acara Sabtu lalu adalah Fitra Manan, Ketua Ikatan Wanita Keluarga FIB UI. Fitra yang merupakan istri Dekan FIB-UI Bondan Kanumoyoso sangat mendukung kegiatan ini dan ingin berkolaborasi dengan komunitas Bakul Budaya dalam berbagai program acara di kemudian hari.

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upah Minimum Kota Depok Tahun 2023 Naik 7,25 Persen

Minggu, 29 Januari 2023 | 23:46 WIB

Bakul Budaya FIB UI "Go Younger"

Minggu, 15 Januari 2023 | 14:43 WIB

Rehabilitasi Jembatan GDC Tinggal Sedikit Lagi

Jumat, 30 Desember 2022 | 10:50 WIB
X