Sepeda MTB Federal Kembali Populer

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:47 WIB
Komunitas Pecinta sepeda Federal saat ini semakin menjamur dimana-mana. Salah satunya adalah Federal Depok yang sudah 8 tahun berdiri.  (Satrio Nusantoro)
Komunitas Pecinta sepeda Federal saat ini semakin menjamur dimana-mana. Salah satunya adalah Federal Depok yang sudah 8 tahun berdiri. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.com, Depok - Sepeda FEDERAL merupakan sepeda buatan anak negeri yang populer sekitar tahun 90an. Sepeda ini di produksi oleh PT. Federal Cycle Mustika (FCM), sebuah anak perusahaan Astra Group. Pangsa pasar sepeda Federal sempat menembus benua eropa dan cukup digemari disana. Hal ini sempat menjadi kekhawatiran produsen sepeda dunia, khususnya pabrikan sepeda asal taiwan.

Masa keemasan sepeda Federal yang rata-rata berjenis MTB ini berakhir setelah munculnya tuduhan dumping policy oleh Masyarakat Eropa (ME) yang memaksa PT. Federal Cycle Mustika untuk menghentikan produksi dan menutup usahanya.

Meski sudah tidak diproduksi lagi, namun beberapa pemilik Federal kembali mempopulerkan sepeda ini. Tidak mudah untuk melacak kembali sepeda Federal yang lama mati suri.

Pecinta sepeda Federal sering melakukan kegiatan touring baik sendiri, bersama keluarga ataupun gabung dengan komunitas. (Satrio Nusantoro)

Baca Juga: Setu Cisawang Surga Tersembunyi Di Gunungsindur bagi Pecinta Sepeda

Beberapa pecinta Federal menyebut dirinya sebagai Federalist dan terbentuk beberapa komunitas Federal di Indonesia, seperti Komunitas Federal Indonesia, MTB Federal Indonesia, Federal Depok (Fede) dan masih banyak lagi.

Seperti yang dijelaskan pada laman MTBFederal.com, sepeda Federal yang asli memiliki beberapa ciri khas tertentu yang tidak dikuti oleh pembuat sepeda Federal generik (kw), ciri-ciri tersebut seperti :

Sepeda Federal terbukti tangguh dalam segala medan. Baik jalur jalan rata dan mulus maupun jalan becek dan terjal. (Satrio Nusantoro)

• Built Quality yang bagus : hasil pengelasan rapih, kualitas pengecatan yang baik. Walaupun sudah tua atau lusuh tapi terlihat mantap

• Jika ada nomor seri, posisinya ada di tiga posisi berbeda tergantung tipenya (dibawah bb menghadap ke jalan, disisi kiri bawah seat tube dekat FD atau di headtube bagian belakang)

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upah Minimum Kota Depok Tahun 2023 Naik 7,25 Persen

Minggu, 29 Januari 2023 | 23:46 WIB

Bakul Budaya FIB UI "Go Younger"

Minggu, 15 Januari 2023 | 14:43 WIB

Rehabilitasi Jembatan GDC Tinggal Sedikit Lagi

Jumat, 30 Desember 2022 | 10:50 WIB
X