Pengabdian Masyarakat FIB UI Melalui Depok Urban Track

- Sabtu, 26 November 2022 | 18:26 WIB
insiator DUT, Tommy Ch (kanan) melepas peserta Depok Urban Track (DUT) dari Teater Daun FIB UI Sabtu (26/11/2022) (Satrio Nusantoro)
insiator DUT, Tommy Ch (kanan) melepas peserta Depok Urban Track (DUT) dari Teater Daun FIB UI Sabtu (26/11/2022) (Satrio Nusantoro)

Ceritadepok.com, Depok - Kerseruan terjadi ketika ratusan pesepeda dari berbagai komunitas yang ada di Kota Depok berkumpul untuk memeriahkan acara Depok Urban Track (DUT) yang dihelat oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI).

DUT itu sendiri digagas oleh Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FIB UI dengan konsep menghubungkan point of interest (POI) budaya, sejarah, pendidikan, pusat bisnis, dan perkampungan di kota Depok.

Menurut insiator DUT, Tommy Ch (FIB UI), banyak tempat di Depok layak dimasukan ke dalam DUT dan menjadi alternatif olahraga bersepeda keluarga sambil melintasi point of interest yang edukatif. Tidak hanya itu, trek-trek sepeda di Depok pun dapat digunakan untuk mempromosikan wisata bersepeda di Depok.

Peserta melintas kawasan kampus UI Depok (Satrio Nusantoro)

Baca Juga: Wisata Ramah Lingkungan di Depok melalui Lomba Foto “JAJAL TREK Depok Urban Trek (DUT)”

”Depok memiliki lanskap goes yang eksotis dimulai dari Kampus Universitas Indonesia (UI) yang memiliki luas sebesar 320 Ha dan banyak memiliki banyak ruang hijau kemudian keluar menuju Situ Babakan lanjut eksplor “colonial heritage” di Depok Lama dan Rumah Tua Cimanggis. Jangan lupa, UIII seluas 150 hektar sangat nyaman dilewati dengan sepeda. Selain itu, di jalur jalur tersebut pun terdapat café yang  menarik, termasuk di jalur Margonda. Bahkan, kalau ingin lebih panjang, kita bisa goes 5 Danau, 10 Danau, bahkan 20 danau di Depok", ujar Tommy.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, Tim Pengabdian Masyarakat FIBUI bekerjasama dengan komunitas sepeda di Depok menjajal Depok Urban Track (DUT), Sabtu (26/11/2022), menempuh jarak 32 km. 

Peserta di kawasan Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan (Satrio Nusantoro)

Setelah start dari Teater Daun FIB UI, perjalanan dimulai menuju destinasi pertama yakni Setu Babakan di Srengseng Sawah. Kurang lebih 200 peserta memulai gowes DUT ini dengan penuh semangat. Trek pertama Setu Babakan dapat dilewati dengan selamat.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta hari ini Sabtu 26 November 2022: Aldebaran Siap Jadikan Andin Brand Ambasador Maharatu

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upah Minimum Kota Depok Tahun 2023 Naik 7,25 Persen

Minggu, 29 Januari 2023 | 23:46 WIB

Bakul Budaya FIB UI "Go Younger"

Minggu, 15 Januari 2023 | 14:43 WIB

Rehabilitasi Jembatan GDC Tinggal Sedikit Lagi

Jumat, 30 Desember 2022 | 10:50 WIB
X