• Senin, 29 November 2021

Resmi, Indonesia akan Gunakan Yuan untuk Pembayaran Internasional

- Selasa, 7 September 2021 | 20:22 WIB
Yuan, pengganti Dolar AS dalam transaksi internasional Indonesia-China (Pixabay)
Yuan, pengganti Dolar AS dalam transaksi internasional Indonesia-China (Pixabay)

CeritaDepok.com - Indonesia dan China sepakat soal transaksi internasional di kedua negara tersebut, dengan menggunakan mata uang China, Yuan.

Kesepakatan tersebut akan dimulai September 2021, kedua negara ini akan menggunakan mata uang Yuan sebagai transaksi internasional.

Dengan menggunakan skema pembayaran local currency settlement (LCS), terhitung Senin, 6 September 2021, Dolar AS tak akan lagi digunakan sebagai mata uang pembayaran internasional kedua negara, sebagai gantinya, untuk kerja sama bilateral Indonesia dan China akan menggunakan mata uang lokal kedua negara yakni Rupiah dan juga Yuan.

Baca Juga: Hari Ini 17 Tahun lalu Munir Mati Dubunuh, Sekarang Kasusnya Kembali Dipertanyakan

Hal ini merupakan implementasi LCS yang menjadi kesepakatan antara Bank Indonesia (BI) dan People's Bank of China (PBC).

Dikutip CeritaDepok.com dari situs resmi Bank Indonesia, Bank Indonesia (BI) dan People's Bank of China (PBC) pada hari ini (6/9) secara resmi memulai implementasi kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan mata uang lokal (Local Currency Settlement/LCS) antara Indonesia dan Tiongkok.

Kerangka kerja sama dimaksud meliputi, penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung (direct quotation) dan relaksasi regulasi tertentu dalam transaksi valuta asing antara mata uang Rupiah dan Yuan.

Baca Juga: Koes Hendratmo Tinggalkan Tiga Orang Anak

“Kerangka kerja sama ini disusun berdasarkan Nota Kesepahaman yang telah disepakati dan ditandatangani oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Gubernur PBC, Yi Gang, pada tanggal 30 September 2020,” kata BI dalam Situs Resmi mereka.

Selain dengan Tiongkok, saat ini BI juga telah memiliki kerangka kerja sama LCS dengan beberapa negara mitra lainnya, yaitu Jepang, Malaysia, dan Thailand.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Sumber: Bank Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Coba Main Saham Cryptocurrency? Berikut Caranya

Kamis, 23 September 2021 | 13:01 WIB

Sesuaikan Gaya Hidup di New Normal

Jumat, 10 September 2021 | 08:29 WIB

Jokowi Minta Kredit UMKM Ditingkatkan 30 Persen

Kamis, 9 September 2021 | 15:28 WIB

Panen dan Pasca Panen Pada Tanaman Kangkung

Kamis, 9 September 2021 | 06:30 WIB

Cara Mencegah Orderan Fiktif Shoopefood

Rabu, 8 September 2021 | 19:45 WIB
X