• Sabtu, 2 Juli 2022

Jangan Takut Berinvestasi, Ini Ada 6 Cara Agar Terhindar dari Investasi Bodong

- Selasa, 14 Desember 2021 | 07:33 WIB
Ilustrasi Investasi (pixabay.com)
Ilustrasi Investasi (pixabay.com)

CeritaDepok.Com, Depok - Jangan Takut Berinvestasi, Ini Ada 6 Cara Agar Terhindar dari Investasi Bodong.

Tak perlu khawatir untuk berinvestasi meski banyak kasus investasi bodong terungkap. Sebab, ada cara untuk menghindari investasi bodong. Agar Anda tak terjerumus investasi bodong, berikut 6 cara agar Anda terhindar dari investasi bodong:

1. Identifikasi Jenis Penawaran

Menurut Personal Financial Planner sekaligus CEO One Shildt Budi Raharjo, sebagai investor atau orang yang ingin berinvestasi, sangat penting untuk melakukan identifikasi penawaran produk investasi. Ia menyatakan bahwa yang pertama harus diketahui adalah jenis program penawarannya, apakah investasi real (properti, perkebunan atau emas), atau finansial investasi (saham) atau mungkin pengelolaan saham (reksadana).

Baca Juga: Bersiap Bagi Para Perokok, Harga Rokok Akan Naik per 1 Januari 2022

2. Cek Pengelola Investasi

Budi mengatakan, setelah investor melakukan identifikasi program investasi yang ditawarkan apakah masuk akal atau tidak, lanjutkan pada tahap mengecek pengelola investasi. Pastikan pengelola investasi memiiki izin yang sah. "Misalkan titip dana ke (saya) yang itu termasuk pengelolaan dana. Semua pengelolaan dana itu harus diawasi dan di regulasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," ungkapnya.

3. Pastikan Return yang Wajar 

Return atau imbal hasil dari bentuk investasi adalah hal yang wajar. Namun Anda harus memahami dasar investasi high risk high return dan low risk low return. Menurut Budi, bunga deposito 5 sampai 6 persen merupakan investasi kategori aman dan konservatif Menurutnya deposito atau sejumlah uang yang disimpan di bank akan mendapatkan jaminan sari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

4. Pahami Modus Penipuan 

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 di Awal Minggu Ini

Senin, 18 April 2022 | 10:52 WIB

Informasi Harga Emas Antam Sabtu 16 April 2022

Sabtu, 16 April 2022 | 14:32 WIB
X