• Sabtu, 2 Juli 2022

Rupiah Berpeluang Kembali Melemah Pada Esok Hari

- Selasa, 22 Maret 2022 | 20:17 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah (Photo by Ahsanjaya from Pexels)
Ilustrasi Uang Rupiah (Photo by Ahsanjaya from Pexels)

CeritaDepok.Com, Depok - Kenaikan inflasi membuat The Federal Reserve (The Fed) kembali hawkish. Alhasil, nilai tukar rupiah berpotensi melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Rabu (23/3/2022).

Mengutip Bloomberg, Selasa (22/3), rupiah spot ditutup melemah 0,08% ke Rp 14.348 per dollar AS. Sementara kurs JISDOR Bank Indonesia juga turun 0,12% ke Rp 14.358 per dolar AS.

Senior Economist Samuel Sekuritas Fikri C. Permana memproyeksikan rupiah masih dalam tekanan dan akan melemah pada Rabu. Penyebabnya, sikap The Fed dan Bank of England hawksih di tengah risiko kenaikan inflasi akibat kenaikan harga komoditas saat geopolitik Rusia dan Ukraina memanas.

Baca Juga: Festival Film Wartawan Indonesia 2022 Siap Digelar

"Jerome Powell semalam bahkan mengatakan dalam pidatonya, bahwa bisa terjadi peningkatan suku bunga yang lebih agresif di Mei mendatang, ini mendorong rupiah terdepresiasi," kata Fikri, Selasa (22/3).

Research & Education Coordinator Valbury Asia Futures, Nanang Wahyudin mengatakan menambahkan, dolar AS memang cukup perkasa terhadap mata uang utama dunia. Begitu pun terhadap mata uang di Asia.

Rupiah juga ikut melemah karena pernyataan Jerome Powell yang mengindikasikan akan adanya kebijakan yang lebih agresif.

Baca Juga: Hukuman Bagi Orang yang Tidak Sholat Subuh pada Waktunya, Termasuk Kufur pada Allah

Langkah agresif The Fed tidak lepas karena untuk meredam lonjakan laju inflasi dengan melakukan normalisasi suku bunga. Maklum, harga minyak dunia kini berada di atas US$ 100 per barel.

Meski begitu, Nanang memproyeksikan nilai tukar rupiah akan tetap terjaga. Hal ini didukung dengan defisit transaksi berjalan atau current account deficit yang rendah.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 di Awal Minggu Ini

Senin, 18 April 2022 | 10:52 WIB

Informasi Harga Emas Antam Sabtu 16 April 2022

Sabtu, 16 April 2022 | 14:32 WIB
X