• Sabtu, 2 Juli 2022

Sepi Pembeli, Kinerja Penjualan Sepeda Terendah Dalam Lima Tahun Terakhir

- Kamis, 24 Maret 2022 | 12:05 WIB
Ilustrasi Sepeda (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi Sepeda (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Industri sepeda dalam negeri saat ini semakin terhimpit. Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) mengungkapkan, selain harus menghadapi kenaikan harga bahan baku, industri sepeda juga mengalami penurunan penjualan karena daya beli masyarakat yang lesu sejak akhir tahun hingga saat ini. 

Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo mengungkapkan, sejatinya setiap tahunnya harga metal selalu naik, tetapi kenaikan di tahun ini yang paling tinggi, hingga 10%. 

"Seiring dengan naiknya harga bahan baku, harga jual sepeda pasti naik untuk produk baru di luar stok yang masih ada saat ini dengan spesifikasi yang sama. Harganya bisa naik 10% hingga 15% karena banyak dipengaruhi oleh faktor, seperti harga komponen dan freigth rate untuk komponen impor," jelasnya kepada media Rabu (23/3/2022). 

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Harus dan Mesti Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Sepeda untuk Anak

Secara umum, Eko menjelaskan, gambaran kondisi industri sepeda dan bisnis sepeda dari akhir tahun lalu hingga Maret tahun ini, merupakan penjualan terendah selama 5 tahun terakhir. Pelaku usaha berharap ada kenaikan permintaan saat momentum Lebaran dan liburan sekolah karena adanya THR. 

Bersepeda, Olahraga Akhir Pekan Di Grand Depok City (Satrio Nusantoro)

Eko juga mengungkapkan, dulu ketika pandemi satu toko bisa menjual barang 100 unit hingga 200 unit per hari, tetapi sekarang hanya 1 unit hingga 3 unit saja atau bahkan kadang tidak ada penjualan

Dengan ini, stok sepeda dalam gudang sedang berlimpah dan kecenderungan harga beberapa barang baru untuk pasar menengah ke bawah turun untuk menyesuaikan daya beli pasar. 

Baca Juga: Tips Sederhana Bagi Pemula Dalam Memilih dan Membeli Sepeda

Bahkan kondisi produksi pabrik sepeda saat ini utilisasinya hanya di 20%-30% dari kapasitas produksi. 

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 di Awal Minggu Ini

Senin, 18 April 2022 | 10:52 WIB

Informasi Harga Emas Antam Sabtu 16 April 2022

Sabtu, 16 April 2022 | 14:32 WIB
X